PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN RESPON SISWA KELAS VII SMPN 2 NGADILUWIH PADA MATERI PERBANDINGAN
Author (Penulis)
ERDINA SEPTIA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.05.0076
Abstract
ABSTRAK
Erdina Septia : PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN
MATEMATIKA REALISTIK (PMR) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN
RESPON SISWA KELAS VII SMPN 2 NGADILUWIH PADA MATERI
PERBANDINGAN.
Skripsi, Universitas Nusantara PGRI Kediri, Fakultas Ilmu Pendidikan, Jurusan
Pendidikan Matematika, Desember 2015.
Kata Kunci: Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR), Hasil
belajar, Respon siswa.
Salah satu pendekatan matematika yang dapat digunakan untuk
mendukung pengaruh pembelajaran adalah menggunakan pendekatan
pembelajaran matematika realistik (PMR). Dengan pembelajaran menggunakan
pendekatan PMR siswa dapat belajar dengan aktif dan dapat
berkomunikasi/berdiskusi dengan temannya dengan tanpa beban, sehingga dapat
meningkatkan respon siswa terhadap pembelajaran, siswa menjadi lebih aktif
dalam proses pembelajaran sehingga hasil belajar mereka meningkat. Beberapa
fakta yang terjadi dikelas VII SMP N 2 Ngadiluwih, siswa kurang berminat
terhadap pelajaran matematika yang diberikan oleh guru. Siswa terpengaruh pada
mitos bahwa matematika itu sulit dan membosankan. Selain itu siswa juga
dilibatkan dalam proses pembelajaran. Hal tersebut membuat pembelajaran
kurang berjalan efektif. Berdasarkan uraian diatas, peneliti ingin mengetahui
pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik pada materi
perbandingan pada siswa kelas VII SMP N 2 Ngadiluwih.
Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen. Sasaran penelitian ini
adalah siswa kelas VII SMP N 2 Ngadiluwih. data yang diperoleh berupa hasil tes
obyektif dan lembar respon siswa. Penelitian ini ada dua variabel yaitu variabel
bebas yaitu model pembelajaran PMR. Sedangkan variabel terikat pada penelitian
ini adalah hasil belajar siswa dan respon siswa yang diperoleh dari hasil observasi
dan ketuntasan hasil belajar siswa saat menerapkan pembelajaran dengan
mengunakan model pembelajaran Pembelajaran Matematika Realistik (PMR).
Ketuntasan hasil belajar yang dimaksud disini adalah hasil tes prestasi belajar
yang dilakukan oleh peneliti yang berupa pre test (tes yang dilakukan sebelum
perlakuan variabel bebas). Sedangkan pendekatan penelitian dengan
menggunakan pendekatan kuantitatif (datanya berwujud angka). Teknik analisa
data menggunakan Pre-experimental Design. Pengujian hipotesis dilakukan
secara manual.
Dari hasil perhitungan diperoleh nilai signifikan atau probabilitas
0,000<0,05, maka ???? diterima dan ?0 ditolak. Dengan demikian dapat dikatakan
bahwa sangat berpengaruh apabila pembelajaran di kelas VII SMP diajarkan
menggunakan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) pada materi
perbandingan.