PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN RESPON SISWA KELAS VII SMPN 2 NGADILUWIH PADA MATERI PERBANDINGAN


Author (Penulis)

ERDINA SEPTIA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0076

Abstract

ABSTRAK Erdina Septia : PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN RESPON SISWA KELAS VII SMPN 2 NGADILUWIH PADA MATERI PERBANDINGAN. Skripsi, Universitas Nusantara PGRI Kediri, Fakultas Ilmu Pendidikan, Jurusan Pendidikan Matematika, Desember 2015. Kata Kunci: Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR), Hasil belajar, Respon siswa. Salah satu pendekatan matematika yang dapat digunakan untuk mendukung pengaruh pembelajaran adalah menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realistik (PMR). Dengan pembelajaran menggunakan pendekatan PMR siswa dapat belajar dengan aktif dan dapat berkomunikasi/berdiskusi dengan temannya dengan tanpa beban, sehingga dapat meningkatkan respon siswa terhadap pembelajaran, siswa menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran sehingga hasil belajar mereka meningkat. Beberapa fakta yang terjadi dikelas VII SMP N 2 Ngadiluwih, siswa kurang berminat terhadap pelajaran matematika yang diberikan oleh guru. Siswa terpengaruh pada mitos bahwa matematika itu sulit dan membosankan. Selain itu siswa juga dilibatkan dalam proses pembelajaran. Hal tersebut membuat pembelajaran kurang berjalan efektif. Berdasarkan uraian diatas, peneliti ingin mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik pada materi perbandingan pada siswa kelas VII SMP N 2 Ngadiluwih. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 2 Ngadiluwih. data yang diperoleh berupa hasil tes obyektif dan lembar respon siswa. Penelitian ini ada dua variabel yaitu variabel bebas yaitu model pembelajaran PMR. Sedangkan variabel terikat pada penelitian ini adalah hasil belajar siswa dan respon siswa yang diperoleh dari hasil observasi dan ketuntasan hasil belajar siswa saat menerapkan pembelajaran dengan mengunakan model pembelajaran Pembelajaran Matematika Realistik (PMR). Ketuntasan hasil belajar yang dimaksud disini adalah hasil tes prestasi belajar yang dilakukan oleh peneliti yang berupa pre test (tes yang dilakukan sebelum perlakuan variabel bebas). Sedangkan pendekatan penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif (datanya berwujud angka). Teknik analisa data menggunakan Pre-experimental Design. Pengujian hipotesis dilakukan secara manual. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai signifikan atau probabilitas 0,000<0,05, maka ???? diterima dan ?0 ditolak. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa sangat berpengaruh apabila pembelajaran di kelas VII SMP diajarkan menggunakan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) pada materi perbandingan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-10

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI