EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA


Author (Penulis)

ENTYA ESA FITMAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0075

Abstract

ABSTRAK ENTYA ESA FITMAWATI: Efektivitas model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa ditinjau dari kemampuan matematika. Skripsi, Matematika, FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Discovery learning merupakan model pembelajaran matematika yang digunakan dalam pembelajaran pada materi perbandingan. Sebagai model pembelajaran yang lebih menekankan pada penemuan, discovery learning dapat mengembangkan kemampuan berpikir siswa dalam memecahkan suatu permasalahan matematika dengan cara penyelesaiannya sendiri dan sesuai dengan kemampuan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran discovery learning pada hasil belajar matematika kelas VII-A SMP Negeri 2 Ngadiluwih pada materi perbandingan. Efektivitas pembelajaran ditinjau dari 3 indikator, yaitu: aktivitas belajar siswa selama mengikuti pembelajaran, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan baik, dan ketuntasan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, pendekatan yang digunakan adalah pre-eksperimental design. Polulasi penelitian adalah siswa SMP Negeri 2 Ngadiluwih kota Kediri. Sampel penelitian adalah kelas VII-A sebanyak 40 siswa dengan menggunakan teknik cluster sampling. Pengambilan data dilakukan dengan metode tes dan observasi. Analisis data dilakukan dengan uji anava satu jalan yang sebelumnya dilakukan uji normaliitas dan uji homogenitas. Berdasarkan analisis data, disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning pada siswa kelas VII-A adalah efektif. Kefeektifan siswa kelas VII-A SMP Negeri 2 Ngadiluwuh selama proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran discovey learning memenuhi kriteria efektivitas dengan prosentase mencapai 76% atau dikatakan baik. Setiap aspek kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran memenuhi kriteria efektivitas dengan prosentase mencapai 81,5% atau dikatakan baik. Hasil belajar siswa setelah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning tuntas secara klasikal mencappai 67,5% atau dikatan baik, dengan jumlah siswa tuntas sebanyak 23 siswa. Ada perbedaan siswa berkemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah setelah penerapan model pembelajaran discovery learning. Kata Kunci: Discovery Learning, Kemampuan Matematika dan Efektivitas

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-04

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI