KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS XII PADA MATERI PROGRAM LINIER MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING
Author (Penulis)
ENI NADZIFAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.05.0074
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan dan kecenderungan representasi matematis siswa kelas XII dalam menyelesaikan masalah program linier apabila saat pembelajaran menggunakan model pembelajaran discovery learning.
Model pembelajaran discovery learning ini mempunyai langkah-langkah kegiatan pembelajaran meliputi stimulation, problem statement, data collection, data processing, verification, generalization. Kemampuan representasi matematis adalah kemampuan mengungkapkan ide-ide matematika ke dalam salah satu bentuk representasi verbal, representasi visual (gambar, diagram, grafik, atau tabel) dan representasi simbolik (pernyataan matematik/notasi matematik, numerik/simbol aljabar) sebagai pikirannya.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan menggunakan lembar observasi siswa dan guru pada saat pembelajaran, pemberian tes kemampuan representasi matematis, dan wawancara
Subjek dalam penelitian ini sebanyak 6 siswa SMA Negeri 1 Prambon yang memiliki tingkat kemampuan berbeda, yaitu kemampuan matematika rendah, sedang dan tinggi.
Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan representasi matematis siswa SMA Negeri 1 Prambon pada kelas XII-IIS 1 pada subjek kelompok tinggi sedang dan rendah menggunakan simbolik, grafik, dan tabel. Dan kecenderungan representasi matematis siswa kelompok tinggi, sedang dan rendah adalah representasi simbolik dan iconic.
Kata Kunci : Kemampuan representasi matematis, Kecenderungan, model pembelajaran Discovery Learning