Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Metode Saintifik Pada Materi Pokok Operasi Hitung Bilangan Bulat Siswa Kelas VII SMP PGRI 1 KEDIRI


Author (Penulis)

ELLEN MAGDALENA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0071

Abstract

Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Metode Saintifik pada Materi Pokok Operasi Hitung Bilangan Bulat siswa kelas VII SMP PGRI 1 Kediri Penelitian dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti,bahwa pembelajaran matematika sangat memerlukan aktifitas dan kreatifitas siswa. Penelitian ini akan dilaksanakan pada siswa kelas VII semester Ganjil 2015/2016 dimana penelitian ini bertujuan untuk meneliti bagaimana penerapan, respon siswa, dan hasil belajar matematis siswa apabila pada saat pembelajaran digunakan model pembelajaran matematika Discovery Learnng dengan metode pembelajaran Saintifik. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian deskriptif kualitif. Disini peneliti menggunakan model pembelajaran matematika Discovery Learnng yang mempunyai 6 tahapan kegiatan pembelajaran yang meliputi Stimulation (stimulasi/pemberian rangsangan), Problem statement (pertanyaan/identifikasi masalah), Data collection (pengumpulan data), Data processing (pengolahan data), Verification (pentahkilan/pembuktian), Generalization (menarik kesimpulan/ generasisasi). Sedangkan metode pembelajaran yang digunakan adalah metode saintifik yang mempunyai 5 tahapan kegiatan pembelajaran yang meliputi Observasi, Bertanya, Melakukan percobaan, Assosiasi (menghubungkan / menalar), Membangun Jaringan (networking). Penelitian ini menggabungkan model Discovery Learnng dengan metode pembelajaran Saintifik kedalam suatu kegiatan pembelajaran. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) aktifitas guru menunjukan kinerja guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran pertemuan pertama dan kedua dengan menggunakan dengan model pembelajaran discovery learning dengan metode saintifik yaitu 70,476% dengan kriteria cukup dan 79, 047% dengan kriteria baik (2) aktifitas siswa menunjukan minat belajar matematika siswa cukup baik diketahui hasil analisa pada pertemuan pertama 69,33% dan dari pertemuan kedua diketahui 72% (3) siswa merespon kegiatan pembelajaran dengan rata-rata prosentase dari keseluruhan sampel penelitian kriteria cukup baik dengan prosentase 65,48% (4) hasil belajar siswa dari pertemuan pertama Sampel siswa berkemampuan tinggi memiliki hasil sangat baik,sampel siswa berkemampuan sedang dan sampel siswa berkemampuan rendah memiliki hasil baik dan dari pertemuan kedua sampel siswa berkemampuan tinggi dan sampel siswa berkemampuan sedang memiliki hasil yang cukup,sedangkan sampel siswa berkemampuan rendah memiliki hasil cukup dan baik. Kata Kunci Hasil belajar matematis, Model pembelajaran Discovery Learning, Metode Sainifik

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-09

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI