ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN OPEN ENDED DALAM MEMPELAJARI ALJABAR PADA SISWA KELAS VIII SMPN 1 PRAMBON
Author (Penulis)
EDY HARIANTO
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.05.0070
Abstract
Abstrak
Edy Harianto: Analisis kesulitan belajar siswa dengan menggunakan pendekatan Open Ended dalam mempelajari aljabar pada siswa kelas VIII SMPN 1 Prambon, Skripsi, Pendidikan Matematika, FKIP UNP Kediri, 2015.
Kata Kunci : Kesulitan Belajar, Pendekatan Open Ended
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan open ended dalam mempelajari aljabar pada siswa kelas VIII SMPN 1 Prambon. Aktifitas belajar setiap siswa dalam mempelajari matematika tidak selamanya dapat berlangsung sesuai dengan harapan. Kadang–kadang lancar, kadang–kadang tidak, kadang-kadang dapat cepat menangkap apa yang dipelajari, kadang–kadang terasa amat sulit. Dalam hal semangat belajar, setiap siswa juga berbeda–beda. Terkadang semangat tinggi, tetapi terkadang juga sulit untuk berkonsentrasi. Kenyataan tersebut sering kita jumpai pada setiap siswa ketika pembelajaran di kelas. Perbedaan diantara individu itulah yang menyebabkan perbedaan tingkah laku belajar dikalangan peserta didik. Oleh karena itu, diperlukan suatu pendekatan pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa, salah satunya yaitu dengan pendekatan Open Ended.
Subyek dari penelitian ini adalah 6 siswa dari 34 siswa kelas VIII-1 yang dipilih secara acak menggunakan standar deviasi. Pada penelitian menggunakan beberapa instrumen yaitu test, lembar observasi siswa dan wawancara. Semua intrumen yang digunakan pada penelitian harus dalam keadaan valid, reliabel, praktis dan obyektif. Peneliti menggunakan data hasil test, data dari lembar observasi dan data dari wawancara untuk menganalisis kesulitan belajar siswa dengan menggunakan pendekatan Open Ended.
Hasil analisis diperoleh dari 5 nomor yang dikerjakan oleh keenam subyek penelitian. Berdasarkan hasil pekerjaan siswa dalam menyelesaikan masalah pada materi aljabar pada kelas VIII-1, penulis mendapatkan dua kategori yang dicapai siswa kelas VIII-1, yaitu kategori sangat baik dan kategori baik. Kategori sangat baik sebanyak 2 siswa dan kategori baik sebanyak 4 siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan siswa kelas VIII-1 dalam menyelesaikan masalah matematika menggunakan pendekatan Open Ended berada pada kategori baik dengan kesulitan belajar yang berbeda-beda.
?