PENGGUNAAN MEDIA KARASBARUNG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERDASARKAN TEORI KONSTRUKTIVISME VYGOTSKY PADA HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII


Author (Penulis)

DYAH ALFIN DARMA ARSHAD
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0068

Abstract

ABSTRAK Karasbarung merupakan media pembelajaran yang digunakan untuk menemukan konsep volume prisma dan limas. Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) sebagai model pembelajaran berbasis masalah dapat menjadikan proses belajar lebih bermakna, sedangkan konstruktivisme Vygotsky yang mengedepankan interaksi sosial membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran, baik interaksi dengan guru maupun dengan siswa lainnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media karasbarung (karton beras bangun ruang) melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berdasarkan teori konstruktivisme Vygotsky pada hasil belajar matematika kelas VIII SMP Negeri 1 Pace pada pokok bahasan volume prisma dan limas. Efektivitas pembelajaran ditinjau dari 4 indikator, yaitu: aktivitas belajar siswa selama mengikuti pembelajaran, keterlaksanaan sintaks pembelajaran, ketuntasan belajar siswa, dan respons siswa setelah mengikuti pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan media karasbarung melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berdasarkan teori konstruktivisme Vygotsky pada siswa kelas VIII adalah efektif. Aktivitas siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Pace selama mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan media karasbarung melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berdasarkan teori konstruktivisme Vygotsky memenuhi kriteria efektivitas dengan persentase aktivitas siswa yang relevan dengan KBM mencapai 76,5% dan termasuk dalam kategori baik. Setiap aspek kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran memenuhi kriteria efektivitas dengan kategori baik atau mencapai 82%. Hasil belajar siswa setelah pembelajaran berlangsung tuntas secara klasikal sebanyak 25 (83%) siswa mencapai nilai ?KKM . Respons siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Lamongan terhadap pembelajaran matematika dengan pendekatan MEAs pada pokok bahasan volume prisma dan limas memenuhi kriteria efektivitas dengan 86,67% respons siswa mencapai kategori positif atau sangat positif. Kata Kunci: Media Karasbarung, Problem Based Learning (PBL), Konstruktivisme Vygotsky, Efektivitas

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-12-17

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI