PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GLASSER DENGAN SELF INTRUCTIONAL MODULE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP KARYA WATES TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
DEWI ADZA MATUROHMAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.05.0065
Abstract
Abstrak
Dewi Adza Maturohmah, Pengaruh Model Pembelajaran Glasser Dengan Self Intructional Module Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP Karya Wates Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015, Skripsi, Pendidikan Matematika, FKIP UNP Kediri, 2015.
Kata Kunci : self intructional module, Glasser, hasil belajar, bangun ruang sisi datar.
Penelitian ini dilatar belakangi masih rendahnya hasil belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar yang diakibatkan karena siswa hanya sekedar menghafal rumus tanpa memperhatikan konsepnya dan kurangnya kemandirian siswa dalam belajar.
Permasalahan penelitian ini adalah ; (1) Bagaimana hasil belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Glasser dengan self instructional module pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP Karya Wates Kediri tahun pelajaran 2014/2015?, (2) Bagaimana hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Glasser dengan self instructional module pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP Karya Wates Kediri tahun pelajaran 2014/2015?, (3) Adakah pengaruh model pembelajaran Glasser dengan self intructional module terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP Karya Wates Kediri tahun pelajaran 2014/2015 ?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian kelas VIII SMP Karya Wates Kediri tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian dilakukan dalam tiga tahap, menggunakan instrument berupa RPP, self instructional module, dan tes hasil belajar.
Dari hasil uji t diperoleh nilai signifikasi 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah ; (1) Hasil belajar siswa dalam materi luas permukaan prisma dan limas sebelum menggunakan model pembelajaran Glasser dengan self instructional module rata-rata siswa mendapat nilai dibawah KKM yang ditetapkan, karena nilai rata-rata yang diperoleh hanya 52,36 sedangkan untuk nilai KKM 75, (2) Hasil belajar siswa dalam materi luas permukaan prisma dan limas mengalami peningkatan setelah adanya penerapan model pembelajaran Glasser dengan self instructional module menjadi 81,36. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran Glasser dengan self instructional module, (3 )Ada pengaruh model pembelajaran Glasser dengan self intructional module terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP Karya Wates Kediri tahun pelajaran 2014/2015.