MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) PADA MATERI KESEBANGUNAN


Author (Penulis)

DITA APRISELIA RATNA SHINTA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0061

Abstract

ABSTRAK Dita Apriselia R. S. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Peserta Didik Kelas IX Mts Sunan Muria Tahun Pelajaran 2015/2016, Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2015. Kata Kunci : Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dan hasil belajar. Penelitian ini dilatar belakangi hasil dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran matematika di SMP masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif, dan membosankan. Hal tersebut mengakibatkan siswa kurang aktif dalam pembelajaran, yang pada akhirnya hasil belajarnya pun juga rendah. Permasalahan peneliti ini adalah (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) pada pembelajaran matematika? (2) Bagaimanakah peningkatan kemampuan siswa dalam pemahaman konsep kesebangunan bangun datar dan penggunaannya dalam pemecahan masalah dengan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP)? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan penerapan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) peserta didik kelas IXA MTs Sunan Muria Tahun Pelajaran 2015/2016. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tingkat keberhasilan dapat dilihat dengan mengamati peningkatan yang diperoleh dari siklus I ke siklus II. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa berupa tugas, post tes, dan diakhir siklus I diadakan evaluasi, sedangkan untuk mengukur aktivitas siswa dan kemampuan guru digunakan instrumen berupa observasi. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa aktivitas siswa kelas IXA MTs Sunan Muria meningkat, dari siklus I 66,67% ke siklus II sebesar 80,32%. Hasil observasi kemampuan guru mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 78,85% ke siklus II sebesar 84,6%. Dan hasil belajar matematika siswa kelas IXA MTs Sunan Muria mengalami peningkatan yang sangat baik dari siklus I 63% ke siklus II yaitu sebesar 85,18%.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-14

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI