PROFIL KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL (SPLDV) SISWA KELAS VIII SMPN 1 MOJO KEDIRI
Author (Penulis)
DIAN KUSUMA WARDANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.05.0056
Abstract
Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas VIII semester Ganjil 2015/2016 dimana penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berfikir kritis siswa dilihat dari bagaimana siswa menyelesaikan soal matematika pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Peneliti memilih soal cerita untuk mengumpulkan data mengenai kemampuan berfikir kritis menggunakan model pembelajaran RME. Dalam soal uraian, siswa dapat menggunakan model pembelajaran RME dalam menyelesaikan soal untuk mengetahui kemampuan berfikir kritis.Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kata-kata dan tindakan dalam penelitian dengan menggunakan dokumen berupa tes, wawancara dengan subjek penelitian dan lembar observasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, teknik tes, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini yaitu kemampuan berfikir kritis siswa dengan kategori tinggi memiliki kemampuan berfikir kritisyang baik, siswa dengan kategori sedang memiliki kemampuan berfikir kritisyang sangat baik dan cukup baik, dan siswa dengan kategori rendah memiliki kemampuan berfikir kritisyang baik dan kurang baik.