EFEKTIVITAS MODEL PENGAJARAN PANCAPAIAN KONSEP PADA MATERI OPERASI BENTUK ALJABAR TERHADAP AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH KEDIRI


Author (Penulis)

DIAN HAYAT SANTOSO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0055

Abstract

ABSTRAK DIAN HAYAT SANTOSO. Efektivitas Model Pengajaran Pancapaian Konsep Pada Materi Operasi Bentuk Aljabar Terhadap Aktifitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Kediri. Kata Kunci: Efektivitas, operasi Bentuk Aljbar, aktivitas dan hasil belajar Tujuan peneliti melakukan penelitian Kuantitatif untuk mengetahui aktifitas dan hasil belajar pada pembelajaran melakukan operasi hitung bilangan bulat melalui model pengajaran pencapaian konsep, serta membuktikan ada perbedaan siswa yang berkemampuan tinggi, sedang dan rendah setelah menggunakan model pengajaran pencapaian konsep. Instumen yang digunakan pada penelitian adalah observasi aktivitas siswa, lembar soal Pree Test dan Post Test. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu dengan observasi dan tes. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian ini berupa one grub pretest-posttes design yaitu eksperimen yang dilakukan pada satu kelas saja tanpa pembandingan dengan memberi pretest sebelum di beri perlakuan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-C SMP Muhammadiyah Kediri terdiri dari 29 Siswa.Teknik pengumpulan data dengan menggunakan test, yaitu pretest dan posttest. Validitas yang digunakan adalah korelasi product moment dengan angka kasar. Uji reliabelitas menggunakan rumus alpha yag menunjukkan indek reabilitas 0,73 untuk instrument pretest dan posttest. Sebelum dilakukan analisis data dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas yang menunjukkan ahwa skor pretest dan posttest berdistribusi normal dan homogen. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji anava. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan antara sebelum adanya perlakuan yang tidak menggunakan model pencapaian konsep dengan sesudah perlakuan yang menggunakan model pengajaran pencapaian konsep. Perbedaan tersebut ditunjukkan oleh hasil anava yang dilakukan dengan bantuan software microsoft exel 2010. Dengan f hitung > f tabel yaitu 71, 06 > 4,01. Berdasarkan uraian diatas sehingga proses pembelajaran dengan menggunakan model pengajaran pencapaian konsep ditinjau dari hasil belajar dikatakan efektiv.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-07

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI