PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA PADA SUB POKOK BAHASAN STATISTIKA DI MTsN TANJUNGTANI PRAMBON


Author (Penulis)

DIAN HANDAYANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0054

Abstract

Abstrak: Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Pada Sub Pokok Bahasan Statistika Di MTsN Tanjungtani Prambon. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui pengaruh penggunaan model Problem Based Learning terhadap keaktifan siswa pada materi statistika. (2) Mengetahui pengaruh penggunaan model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa pada materi statistika.Metode yang digunakan adalah metode eksperimental dengan Posttest-Only Control Design. Penelitian dilaksanakan di MTsN Tanjungtani Prambon dengan teknik pengambilan sampel secara simple random sampling dan pemilihan kelas dilakukan secara random, didapat siswa kelas VII-A sebagai kelas eksperimen, dan kelas VII-C sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data mengenai aktivitas siswa diperoleh dengan lembar observasi keaktifan siswa sedangkan data mengenai kemampuan berpikir kritis matematika siswa berupa posttest berbentuk uraian yang telah diuji validitas dan reabilitasnya.Analisis data menggunakan uji-t pada taraf signifikansi 5% dan dk = 77, dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t, dari hasil perhitungan statistik didapatkan harga thitung sebesar 20,802 dan ttabel pada taraf signifikan 5% dan dk= 77 adalah 1,991. Maka pada penelitian ini didapat hasil thitung> ttabel , hal ini menunjukkan bahwa hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis penelitian (Ha) diterima.Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Ada pengaruh penggunaaan model pembelajaran berbasis masalah Problem Based Learning (PBL)terhadap keaktifan siswa saat pembelajaran statistika. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan keaktifan siswa setiap pertemuan. (2) Ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa pada materi Statistika di MTsN Tanjungtani Prambon. Hal ini dilihat dari hasil posttest kelas eksperimen yang meningkat dan hasil uji hipotesis yang menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kata Kunci : PBL, kemampuan berpikir kritis, statistika

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-12-15

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI