PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI POKOK FUNGSI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 01 WONODADI


Author (Penulis)

DIAH KUSUMANINGRUM
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0053

Abstract

Abstrak Diah Kusumaningrum: Pengaruh Model Pembelajaran Think-Talk-Write Terhadap Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Pokok Fungsi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 01 Wonodadi, Skripsi, Pendidikan Matematika, FKIP UNP Kediri, 2016. Kata kunci: TTW (Think Talk Write), hasil belajar , Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Think Talk Write dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajran konvensional pada siswa kelas VIII SMP Negeri 01 Wonodadi tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 01 Wonodadi tahun pelajaran 2015/2016. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar Matematika siswa dikumpulkan dengan instrumen tes berbentuk esai. Data dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar Matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Think Talk Write dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII A dan kelas VIII B di SMP Negeri 01 Wonodadi 2015/2016. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar Matematika siswa kelompok eksperimen dengan Mean = 83.75 tergolong pada kriteria tinggi dan hasil belajar Matematika siswa kelompok kontrol dengan Mean = 63 tergolong pada kriteria sedang. Adanya perbedaan yang signifikan ditunjukkan dengan nilai uji-t = 6.776 ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Talk Write lebih berpengaruh positif terhadap hasil belajar Matematika siswa dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional.

Keyword

TTW ( Think, Talk, Write ), Hasil belajar, Matematika

Reference


PUBLISHED

2016-02-06

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade