PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN METODE RESITASI MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN BARISAN DAN DERET ARITMATIKA SISWA KELAS XI SEMESTER I SMK PGRI 3 KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

DHAVIT AMBUDIONO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0052

Abstract

Selama ini hasil belajar siswa merupakan hal yang digunakan sebagai tolak ukur keberhasilan dari suatu pembelajaran. Jika hasil belajar siswa rendah maka dapat disimpulkan bahwa pembelajran yang telah dilaksanakan tidak berjalan dengan semestinya. Hal ini bisa dipengaruhi dari penggunaan model pembelajaran dan metode pembelajaran yang tidak sesuai yang mengakibatkan siswa enggan untuk belajar. Untuk itu di perlukan pengembangan model problem based learning dengan menggunakan metode resitasi sebagai kombinasi model pembelajaran yang di harapkan dapat mengatasi rendahnya hasil belajar siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Apakah model Problem Based Learning tanpa metode resitasi mampu meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika pokok bahasan barisan dan deret aritmatika kelas XI semester 1? (2) Apakah model Problem Based Learningdengan menggunakan metode resitasimampu meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika pokok bahasan barisan dan deretaritmatika kelas XI semester 1? (3) Apakah ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model Problem Based Learningdengan metode resitasi dan siswa yang diajar menggunakan model Problem Based Learning tanpa menggunakan metode resitasi dalam pembelajaran matematika pokok bahasan barisan dan deret aritmatika kelas XI semester 1?. Jenis penelitian yang digunakan eksperimental dengan pretest – posttest control group design. Variabel bebas pada penelitian ini adalah Model Problem based learning dengan menggunakan metode resitasi. Sedangkan variabel terikatnya hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK PGRI 3 KOTA KEDIRI tahun ajaran 2015/2016. Sampel penelitian ini adalah kelas XI-Ak sebagai kelas kontrol dan kelas XI-APK sebagai kelas Eksperimen. Instrument pengumpul data penelitian ini adalah lembar soal tes tertulis dalam bentuk pertanyaan subjektif. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan bantuan software SPSS for windows versi 20 Kesimpulan dalam penelitian ini adalah (1) Penerapan model problem based learning tanpa metode resitasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. (2) Penerapan model problem based learning dengan metode resitasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. (3) Ada perbedaan hasil belajar antara kelas yang mengunakan model problem based learning dengan metode resitasi dan kelas yang menggunakan model problem based learning tanpa metode resitasi dengan kelas eksperimen memiliki hasil belajar yang lebih baik. Disarankan guru dapat mencoba menggunakan model Problem Based Learning dengan menggunakan metode resitasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-10

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI