PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFTIPETGT (TEAMS GAMES TOURNAMENTS)TERHADAPHASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARIMOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA


Author (Penulis)

DEWI YUANITA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0051

Abstract

ABSTRAK yuanita,dewi: Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournaments) Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Matematika Siswa.Skripsi. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan: Universitas Nusantara PGRI Kediri. 2015. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran Matematika di SMK masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif, dan membosankan. Hal tersebut nampak dari motivasi belajar siswa yang rendah, yang pada akhirnya hasil belajarnyapun juga rendah. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Apakah model pembelajaran Teams Games Tournaments berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa? (2) Apakah model pembelajaran teams games tournaments berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa?. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas XII SMK PGRI 3. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode tes dan metode angket. Dalam penelitian ini digunakan uji prasarat menggunakan uji-t yaitu,uji normalitas dan uji homogenitas dengan bantuan SPSS versi 20 for windows. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Adanya pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournaments terhadap hasil belajar matematika siswa.(2) Adanya pengaruh model pembelajaran teams games tournaments terhadap motivasi belajar siswa. Dari hasil post-test didapatkan kenaikan rata-rata nilai post-test kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Kelas eksperimen mengalami kenaikan rata-rata sebesar 76,35 dengan persentase 84% sedangkan kelas kontrol hanya sebesar 61,62 dengan persentase 79%. Berdasarkan analisis diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih efektif dibandingkan pembelajaran langsung terhadap hasil belajar matematika dan motivasi siswa dengan Thitung pada taraf signifikansi 5% adalah sebesar 4,002 sedangkan Ttabel sebesar 2,021 yang berarti Thitung> Ttabel. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Tujuan pokok penggunaan pembelajaran kooperatif-temas games tournaments adalah untuk mengembangkan kemampuan kerjasama. Oleh sebab itu guru sebagai pelaksana pembelajaran harus mengutamakan proses yang mendukung terciptanya suasana kerja kelompok. (2) Guru masih perlu meneliti terus menerus, untuk membuktikan apakah pembelajaran kooperatif-temas games tournaments sesuai dengan seluruh karakteristik materi dan karakteristik siswa. Kata Kunci: kooperatif, teams games tournaments, hasil belajar, motivasi

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-06

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI