PENGARUH KECERDASAN LINGUISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PENYELESAIAN SOAL CERITA MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA BAB PROGRAM LINIER KELAS XI DI SMK AR-RAHMAH PAPAR KEDIRI
Author (Penulis)
DESSY ARISTYAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.05.0049
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi pada karakteristik setiap siswa yang tidaklah sama, sehingga pendekatan atau metode pembelajaran yang digunakan juga harus bervariasi. Berhubungan dengan kecerdasan, dalam pertumbuhan dan perkembangan kecerdasan dapat dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranya lingkungan. Salah satu kecerdasan yang dimliki manusia adalah Kecerdasan Linguistik dimana kecerdasan ini merupakan suatu kecerdasan yang mengarah pada penguasaan kata. Oleh karena itu perlu adanya model pembelajaran yang membuat siswa tertarik dan mengasah Kecerdasan Linguistik.
Untuk memperoleh suatu pemecahan masalah, maka perlu dirumuskan dahulu permasalahan tersebut. Permasalahan yang dapat dirumuskan adalah Bagaimana kemampuan penyelesaian soal cerita matematika dengan model pembelajaran Discovery Learning tipe Guided Discovery pada bab Program Linier Kelas XI di SMK AR-RAHMAH Papar Kediri ? Adakah pengaruh Kecerdasan Linguistik terhadap kemampuan penyelesaian soal cerita matematika dengan model pembelajaran Discovery Learning tipe Guided Discovery pada bab Program Linier Kelas XI di SMK AR-RAHMAH Papar Kediri ?
Hal ini berarti bahwa ada korelasi yang positif antara kecerdasan linguistik terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika pada kelas XI SMK Ar-Rahmah dapat diinterpretasikan bahwa tingkat kecerdasan linguistik mempunyai pengaruh terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita dimana dalam menyelesaikan soal tersebut diperlukan pemahamam secara verbal untuk memahami maksud dari soal cerita matematika. Sehingga dapat dikatakan bahwa ada pengaruh pada tingkat kecerdasan linguistik terhadap kemampuan dalam menyelesaikan soal cerita, meskipun rendah.