PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 6 KEDIRI PADA MATERI EKSPONEN TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

DEFI HANDAYANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0047

Abstract

Abstrak Defi Handayani: Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Kediri Pada Materi Eksponen Tahun Ajaran 2015/ 2016, Skripsi, Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2016 Kata Kunci: Student Teams Achievement Division (STAD), Hasil Belajar, Motivasi. Penelitian ini dilatar belakangi hasil belajar siswa yang masih rendah pada materi Eksponen. Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar matematika siswa dikarenakan dalam proses pembelajaran matematika guru umumnya terlalu berkonsentrasi pada latihan menyelesaikan soal. Sedangkan siswa cenderung pasif dan tidak memahami. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Apakah hasil belajar matematika siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) lebih baik dari pada siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran langsung? (2) Apakah motivasi belajar matematika siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) lebih baik dari pada siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran langsung? Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas X SMA Negeri 6 Kediri. Teknik pengambilan datanya yaitu dengan cara observasi dan tes evaluasi. Perangkat yang digunakan adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi guru dan siswa, dan lembar tes evaluasi. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) hasil belajar siswa pada materi eksponen dengan menggunakan model Student Teams Achievement Division (STAD) lebih baik dibandingkan menggunakan pembelajaran langsung. (2) motivasi siswa pada materi eksponen dengan menggunakan model Student Teams Achievement Division (STAD) lebih baik dibandingkan menggunakan pembelajaran langsung. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Tujuan pokok penggunaan pembelajaran kooperatif – Student Teams Achievement Division (STAD) adalah dapat memicu siswa untuk mengembangkan pengetahuan terdahulu dengan pengetahuan baru sehingga dapat membantu siswa menyelesaikan suatu masalah berdasarkan kemampuan masing-masing siswa. (2) Guru masih perlu meneliti terus menerus, untuk membuktikan apakah pendekatan STAD dengan metode Pembelajaran langsung dalam pembelajaran sesuai dengan seluruh karakteristik materi dan karakteristik siswa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-04

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI