PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN REACT TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 7 KEDIRI PADA MATERI BILANGAN BULAT


Author (Penulis)

DEA NASTITI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0046

Abstract

ABSTRAK DEA NASTITI: Pengaruh Strategi REACT Terhadap Kemampuan Komunikasi Dan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 7 Kediri Pada Materi Bilangan Bulat. Skripsi, Matematika, FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2016. Kata Kunci: Strategi REACT, Kemampuan Komunikasi Matematis, Kemampuan Pemahaman Matematis. Pelajaran matematika merupakan salah satu pelajaran yang disegani siswa, karena matematika bagi mereka merupakan pelajaran yang sulit dan identik dengan simbol – simbol dan rumus – rumus. Sering kali siswa kesulitan belajar matematika karena mereka belum memahami konsep matematika yang mereka pelajari. Salah satu penyebabnya adalah strategi pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru yag masih bersifat tradisional, yaitu siswa masih diperlakukan sebagai objek belajar dan guru lebih dominan berperan dalam pembelajaran, sehingga pada pembelajaran ini hanya terjadi komunikasi satu arah. Sehingga perlu adanya kemampuan komunikasi dan pemahaman matematis siswa dalam pembelajaran matematika. Permasalahan peneliti ini adalah (1) Bagaimana Pengaruh Srategi Pembelajaran REACT terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa kelas VII di SMPN 7 Kediri pada materi Bilangan Bulat ? (2) Bagaimana Pengaruh Srategi Pembelajaran REACT terhadap Pemahaman Matematis Siswa kelas VII di SMPN 7 Kediri pada materi Bilangan Bulat? Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas VII SMPN 7 Kediri. Penelitian ini menggunakan instrument berupa Silabus, RPP, LKS, Soal Tes I untuk kemampuan Komunikasi Matematis siswa, Tes II untuk Kemampuan Pemahaman Matemais Siswa, lembar observasi kemampuan komunikasi matematis siswa. Dari analisis data, perhitungan hipotesis dengan menggunakan tehnik uji t satu pihak kanan, hasil analiasis kemampuan komunikasi matematis adalah t_hitung(3,289) dan (w_1 t_1+w_2 t_2)/(w_1+w_2 ) (2,879)Maka dengan taraf signifikan 5% sehingga dapat disimpulkan bahwa t_hitung>(w_1 t_1+w_2 t_2)/(w_1+w_2 ). H_0ditolak dan H_1 diterima.Dan dari hasil analiasis kemampuan pemahaman matematis adalah t_hitung4,364 dengan dengan taraf signifikan 5 % dan dk = 61 sehingga t tabel=1,670. karena? t?_hitung^ >t_tabel^ , maka H0 ditolak dan H1 diterima. Maka Kemampuan komunikasi dan pemahaman matematis peserta didik yang diajar dengan pembelajaran strategi REACT lebih baik dari peserta didik yang tidak diajar dengan pembelajaran strategi REACT. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dikemukakan, maka saran yang dapat peneliti berikan adalah : Pembelajaran Strategi REACT dapat dipertimbangkan sebagai alternatif yang dapat digunakan dalam pembelajaran. Karena dalam strategi REACT terdapat 5 aspek yaitu relating, experiencing,Applying, cooperating dan transfering yang dapat membantu siswa berperan dalam kegiatan pembelajaran.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-04

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI