PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DENGAN METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA UPTD SMP NEGERI 2 GURAH


Author (Penulis)

DEA DEVI ANDINI SAIDI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0045

Abstract

Dea Devi Andini Saidi. Pengaruh Pembelajaran Matematika melalui Pendekatan Konstruktivisme dengan Metode Problem Solving terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa UPTD SMP Negeri 2 Gurah, Skripsi, Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2016. Penelitian ini dilatar belakangi hasil belajar siswa yang masih rendah pada materi Aljabar. Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah siswa cenderung pasif dalam mengikuti pembelajaran. Guru masih banyak menggunakan metode ceramah, guru hanya mentransfer ilmu, sedangkan siswa hanya menerima tanpa memahami. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah penerapan pembelajaran matematika melalui pendekatan konstruktivisme dengan strategi problem solving? (2) Bagaimanakah pengaruh pembelajaran matematika melalui pendekatan konstruktivisme dengan moetode problem solving terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa? Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas VIII UPTD SMP Negeri 2 Gurah. Teknik pengambilan datanya yaitu dengan cara observasi dan tes evaluasi. Perangkat yang digunakan adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi guru dan siswa, dan lembar tes evaluasi. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Penerapan pembelajaran matematika melalui pendekatan konstruktivisme dengan metode problem solving pada materi aljabar di UPTD SMP Negeri 2 Gurah secara umum terlaksana dengan baik. (2) Pengaruh pembelajaran matematika melalui pendekatan konstruktivisme dengan metode problem solving terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa berada pada kategori baik. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Tujuan pokok penggunaan pendekatan konstruktivisme dengan metode problem solving pada pembelajaran aljabar adalah dapat memicu siswa untuk mengkonstruk pengetahuan terdahulu dengan pengetahuan baru sehingga dapat membantu siswa menyelesaikan suatu masalah berdasarkan kemampuan masing-masing siswa. (2) Guru masih perlu meneliti terus menerus, untuk membuktikan apakah pendekatan konstruktivisme dengan metode problem solving dalam pembelajaran sesuai dengan seluruh karakteristik materi dan karakteristik siswa. Kata Kunci: Konstruktivisme, Problem Solving, Aktivitas, Hasil Belajar

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-07

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI