Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah Kediri Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Terstruktur Pada Materi Statistika


Author (Penulis)

DANNY EKO WICAKSONO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0044

Abstract

ABSTRAK Danny Eko Wicaksono: Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah Kediri Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Terstruktur Pada Materi Statistika, Skripsi, Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusanntara PGRI Kediri, 2016. Kata Kunci: Kemampuan Penalaran Matematis, PBM Terstruktur Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil observasi yang dilakukan selama Praktik Pengalaman Lapangan di SMA Muhammadiyah Kediri yang telah penulis laksanakan, 70% dari 23 siswa beranggapan bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit untuk dipahami dan metode pengajaran yang dipakai gurunya juga dianggap membosankan atau kurang menarik sehingga dalam kegiatan belajar mengajar terlihat beberapa siswa tidak begitu memperhatikan apa yang disampaikan gurunya. Siswa juga masih kesulitan dalam mengkomunikasikan apa yang telah dikerjakan sehingga banyak ditemukan kesulitan – kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan pembelajaran berbasis masalah terstruktur pada materi statistika siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Kediri? (2) Apakah ada peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa kelas XI SMA Muhammadiyah kediri yang diajar dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah terstruktur? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualiatif dengan subjek penelitian siswa kelas XI SMA Muhammadiyah kediri. Teknik pengambilan data dengan cara observasi siswa dan guru, wawancara, dan tes evaluasi. Perangkat yang digunakan antara lain RPP dan istrumen yang digunakan yaitu lembar observasi guru dan siswa, pedoman wawancara, dan lembar tes evaluasi. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Pelaksanaan pembelajaran statistika dengan PBM terstruktur pada kelas XI SMA Muhammadiyah kediri secara umum terlaksana dengan baik. Penggunaan pemebelajaran ini dapat membantu siswa mengembangkan pemikiran mereka serta membantu siswa untuk mengutarakan pendapat dan dapat menuangkan ide – ide siswa dalam menyelesaikan permasalahan. (2) Kemampuan penalaran matematis siswa pada PBM terstruktur secara umum terlaksana dengan baik yaitu dengan presentase 65,7%. Siswa mampu menyelesaikan permasalahan sesuai dengan langkah – langkah yang benar dan mampu menggunakan penalaran matematisnya secara baik dengan memberikan penjelasan ataupun kesimpulan dari setiap butir permasalahan yang diberikan. Berdasarkan simpulan hasil penelitian, direkomendasikan: (1) Tujuan pokok pengunaan PBM terstruktur pada siswa dengan materi statistika dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa, oleh sebab itu guru harus mengembangkan ide yang dapat memacu siswa untuk mengembangkan kemampuan penalaran matematisnya (2) guru masih perlu meneliti terus-menerus, untuk PBM terstruktur sesuai dengan seluruh karakteristik materi dan karakteristik siswa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-08

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI