PENGARUH EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
DAHLIA YULIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.05.0043
Abstract
Pengaruh Eksperimentasi Model Pembelajaran Group Investigation (GI) dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Terhadap Aktivitas Belajar Siswa pada Materi Relasi dan Fungsi tahun pelajaran 2015/2016, Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri, Desember, 2015.
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa rendahnya pemahaman siswa berpengaruh terhadap proses pembelajaran dan hasil belajar siswa. Agar siswa memiliki kemampuan berfikir kritis,sistematis logis dan kreatif , maka guru diharapkan lebih inovatif dalam memilih model pembelajaran.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana aktivitas belajar siswa terhadap model pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI) dengan pendekatan pendidikan matematika realistik (PMR)? (2) Adakah pengaruh hasil belajar antara siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif group investigation (GI) dengan pendekatan pendidikan matematika realistik (PMR) dengan siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran langsung?
Penelitian ini menggunakan teknik Quasi Eksperimental Design (Eksperimen Semu) dan pendekatannya adalah pendekatan kuantitatif, data-data yang diperoleh yaitu data numerik,analisis data yang digunakan adalah statistika dengan subyek penelitian siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Papar.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif group investigation (GI) dengan pendekatan pendidikan matematika realistik (PMR) terhadap aktivitas belajar siswa. (2) Hasil belajar siswa sangat baik terhadap model pembelajaran kooperatif group investigation (GI) dengan pendekatan pendidikan matematika realistik (PMR) terbukti dengan rata-rata hasil belajar siswa 84,75% termasuk dalam kategori sangat baik. (3) Ada pengaruh hasil belajar antara siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif group investigation (GI) dengan pendekatan pendidikan matematika realistik (PMR) dengan siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran langsung. Hasil analisis di atas diperoleh t_hitung = 2,627 dan t_tabel= 2,024. Karena t_hitung>t_tabel dengan taraf signifikan 5%.
KATA KUNCI
Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation (GI) dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR), Aktivitas belajar siswa, Relasi dan Fungsi.