PENGEMBANGAN LKS MATEMATIKA MODEL E-LEARNING BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI PADA POKOK PEMBELAJARAN ALJABAR DI SMP
Author (Penulis)
CRISTI PUJIANING
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.05.0041
Abstract
ABSTRAK
Pengembangan LKS Matematika Model E-Learning Berbasis WEB untuk Meningkatkan Motivasi Pada Pokok Pembelajaran Aljabar di SMP.
Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa penggunaan LKS sebagai sumber belajar masih mendominasi di tingkat SMP. Penggunaan LKS yang masih bersifat klasikal membuat suasana kelas menjadi monoton, pasif dan membosankan. Hal tersebut nampak pada tingkat motivasi siswa yang rendah. Saat ini, sudah ada model pembelajaran yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran yang disebut dengan e-learning.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana tahapan pengembangan media pembelajaran LKS matematika model e-learning berbasis web? (2) Apakah media pembelajaran LKS matematika model e-learning berbasis web, layak untuk diterapkan sebagai media pembelajaran? (3) Bagaimana motivasi belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran LKS matematika model e-learning yang berbasis web?
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R & D) dengan subyek penelitian siswa kelas 8-H SMP Negeri 2 Kediri. Penelitian menggunakan beberapa intrumen diantaranya RPP, lembar validasi, dan kuesioner motivasi belajar.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah melalui pengembangan LKS matematika model e-learning berbasis web dapat meningkat motivasi belajar siswa, kita dapat mengetahui bagaimana proses pembuatan LKS matematika model e-learning berbasis web.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan : (1) tujuan dari pengembangan LKS ini adalah untuk memperkenalkan kepada siswa bahwa matematika bukan merupakan mata pelajaran yang membosankan melainkan mata pelajaran yang menyenangkan dan menarik. (2) pengembangan LKS ini haruslah dikembangkan lagi, untuk mengetahui apakah pengembangan sudah sesuai dengan seluruh karakteristik materi dan karakteristik siswa.
Kata kunci : pengembangan LKS matematika, model e-learning, motivasi.