PENGEMBANGAN LKS MATEMATIKA MODEL E-LEARNING BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI PADA POKOK PEMBELAJARAN ALJABAR DI SMP


Author (Penulis)

CRISTI PUJIANING
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0041

Abstract

ABSTRAK Pengembangan LKS Matematika Model E-Learning Berbasis WEB untuk Meningkatkan Motivasi Pada Pokok Pembelajaran Aljabar di SMP. Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa penggunaan LKS sebagai sumber belajar masih mendominasi di tingkat SMP. Penggunaan LKS yang masih bersifat klasikal membuat suasana kelas menjadi monoton, pasif dan membosankan. Hal tersebut nampak pada tingkat motivasi siswa yang rendah. Saat ini, sudah ada model pembelajaran yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran yang disebut dengan e-learning. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana tahapan pengembangan media pembelajaran LKS matematika model e-learning berbasis web? (2) Apakah media pembelajaran LKS matematika model e-learning berbasis web, layak untuk diterapkan sebagai media pembelajaran? (3) Bagaimana motivasi belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran LKS matematika model e-learning yang berbasis web? Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R & D) dengan subyek penelitian siswa kelas 8-H SMP Negeri 2 Kediri. Penelitian menggunakan beberapa intrumen diantaranya RPP, lembar validasi, dan kuesioner motivasi belajar. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah melalui pengembangan LKS matematika model e-learning berbasis web dapat meningkat motivasi belajar siswa, kita dapat mengetahui bagaimana proses pembuatan LKS matematika model e-learning berbasis web. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan : (1) tujuan dari pengembangan LKS ini adalah untuk memperkenalkan kepada siswa bahwa matematika bukan merupakan mata pelajaran yang membosankan melainkan mata pelajaran yang menyenangkan dan menarik. (2) pengembangan LKS ini haruslah dikembangkan lagi, untuk mengetahui apakah pengembangan sudah sesuai dengan seluruh karakteristik materi dan karakteristik siswa. Kata kunci : pengembangan LKS matematika, model e-learning, motivasi.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-06

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI