PENGARUH PENERAPAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI POKOK BANGUN RUANG SISI LENGKUNG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA


Author (Penulis)

CELLEN SUSANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0039

Abstract

Abstrak Cellen Susanti: Pengaruh Penerapan Inkuiri Terbimbing pada Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Lengkung terhadap Hasil Belajar Siswa, Skripsi, Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2016. Kata Kunci: Inkuiri terbimbing, hasil belajar, bangun ruang sisi lengkung Penyelidikan merupakan sebuah proses untuk menjawab pertanyaan dan memecahkan masalah berdasar pengujian logis atas fakta dan observasi (Victor & Kellouh, 2004). Strategi penyelidikan dengan proses ini mengajarkan konten dan membantu siswa berpikir secara analitik. Dengan menerapkan inkuiri terbimbing dimana guru memberi masalah pada siswa dan siswa menemukan hipotesis, mengumpulkan data, mengevaluasi sampai menyimpulkan diharapkan dapat meningkatkan pola pikir analitik siswa dalam menyelesaikan masalah sehingga dapat memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh penerapan inkuiri terbimbing pada materi bangun ruang sisi lengkung terhadap hasil belajar siswa SMP Pawyatan Daha 1 Kediri ? (2) Bagaimana peran guru dan siswa dalam penerapan inkuiri terbimbing pada materi bangun ruang sisi lengkung terhadap hasil belajar siswa SMP Pawyatan Daha 1 Kediri ? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IX SMP Pawyatan Daha 1 Kediri. Penelitian ini menggunakan teknik eksperimen dengan the one group pretest-posttest design dengan instrumen berupa Silabus, RPP, lembar observasi kegiatan guru, lembar observasi kegiatan siswa dan tes hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, rata-rata nilai pretest 60,77778, sedangkan rata-rata nilai posttest 78,1667. Dari perhitungan uji t paired diperoleh thitung = 8,103 dengan ? = 0,05 dan ttabel = 2,0301, dengan demikian nilai thitung ? ttabel. Sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Sedangkan prosentase kegiatan guru adalah 86,53% (sangat baik) dan prosentase aktivitas siswa adalah 82,5 % (baik). Maka kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Ada pengaruh signifikan pada penerapan inkuiri terbimbing pada materi bangun ruang sisi lengkung terhadap hasil belajar siswa SMP Pawyatan Daha 1 Kediri tahun ajaran 2015/2016 (2) Peran guru dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dengan penerapan inkuiri terbimbing pada materi pokok bangun ruang sisi lengkung di SMP Pawyatan Daha 1 Kediri tahun ajaran 2015/2016 memenuhi kriteria minimal baik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dikemukakan, maka saran yang dapat peneliti berikan adalah (1) Setiap guru harus memiliki kemampuan untuk selalu berinovasi, mencoba dan mencari model-model pembelajaran yang lebih berkembang. (2) Pembelajaran matematika dengan menerapkan inkuiri terbimbing tidak hanya dapat digunakan pada materi bangun ruang sisi lengkung saja. Oleh karena itu, untuk penelitian selanjutnya disarankan untuk mencoba penerapan inkuri terbimbing pada materi atau pokok bahasan lain.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-04

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI