PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN REALISTIK TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMPN 1 REJOSO KELAS VIII PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS TAHUN AJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
CAHYO TRI ARDIANTORO
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.05.0038
Abstract
Nilai matematika yang rendah di SMPN 1 Rejoso kelas VIII pada materi pythagoras menjadi latar belakang peneliti melakukan penelitian. Selain itu, model pembelajaran yang digunakan di SMPN 1 Rejoso juga masih konvensional. Untuk itu, peneliti melakukan penelitian dengan membandingkan model pembelajaran inkuiri dan realistik terhadap minat dan hasil belajar pada materi pythagoras dengan tujuan mengetahui perbandingan pendekatan inkuiri dan realistik terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi pythagoras dan diharapkan setelah peneliti melakukan penelitian, minat dan hasil belajar siswa akan lebih baik dari sebelumnya. Metode yang digunakan peneliti adalah kuantitatif yang berisikan angka statistik dengan data yang yang diperoleh dari angket minat belajar dan test tulis untuk mendapatkan nilai matematika siswa pada materi pythagoras. Hasil penelitian yang peneliti peroleh adalah model pembelajaran inkuiri lebih baik daripada menggunakan model pembelajaran realistik. Hal ini terlihat dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan anova satu arah satu diperoleh < , yaitu nilai adalah 0,33. Nilai pada taraf signifikan ( = 0,05) nilai adalah 3,99. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran inkuiri lebih baik daripada model pembelajaran realistik terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi pythagoras di SMPN 1 Rejoso kelas VIII.