PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN SERTA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP PAWYATAN DAHA 1 KEDIRI MATERI GARIS LURUS TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

BAGUS EKO NUGROHO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0032

Abstract

Abstrak Bagus Eko Nugroho: Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa Dalam Proses Pembelajaran Serta Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP PAWYATAN DAHA 1 KEDIRI Materi Garis Lurus Tahun Pelajaran 2015/2016, Skripsi, Matematika, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata Kunci: Kooperatif, snowball throwing, aktivitas, hasil belajar. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa proses pembelajara matematika di kelas VIII materi garis lurus masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas menjadi monoton, pasif, dan membosankan. Hal itu membuat hasil belajar matematika siswa kelas VIII materi garis lurus menjadi rendah. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Apakah penerapan model pembelajara Snowball Throwing dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas VIII SMP di dalam proses pembelajaran? (2) Bagaimanakah respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Snowball Throwing? (3) Apakah penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa kelas VIII SMP PAWYATAN DAHA 1 Kediri. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, menggunakan isntrumen berupa RPP, lembar observasi aktivitas siswa, kuisioner respon siswa, dan tes hasil belajar siswa. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) melalui siklus tindakan pembelajaran dapat ditemukan langkah-langkah yang efektif penerapan pembelajaran kooperatif Snowball Throwing untuk meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. (2) Melalui siklus tindakan pembelajaran kooperatif Snowball Throwing terbukti dapat meningkatkan aktivitas siswa, jika pada siklus I rata-rata persentase aktivitas siswa adalah 41,15 %, pada siklus II meningkat menjadi 66,385 %. (3) Melalui dua siklus penelitian dapat diketahui bahwa siswa merespon dengan baik penerapan model pembelajaran Snowball throwing dalam pembelajaran matematika, terlihat dari semakin tingginya persentase jawaban kategori positif 78,04 % menjadi 87,31 %. (4) melalui siklus tindakan pembelajaran kooperatif Snowball Throwing terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Tujuan pokok penggunaan pembelajaran kooperatif Snowball Throwing adalah untuk mengembangkan aktivitas kerjasama siswa. Oleh sebab itu guru sebagai pelaksana pembelajaran harus mengutamakan proses yang mendukung terciptanya suasana kerja kelompok. (2) Guru masih perlu meneliti terus menerus, untuk membuktikan apakah pembelaljaran kooperatif Snowball Throwing sesuai dengan seluruh karakteristik materi dan karakteristik siswa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-10

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI