PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN MEDIA LKS PADA MATERI BARISAN DAN DERET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK PGRI 3 KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

BAGUS DWI JATMIKO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0031

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan hasil belajar siswa di pelajaran matematika pada materi barisan dan deret yang kurang. Pembelajaran yang didominasi metode ceramah dan latihan-latihan soal untuk dipecahkan bersama mengakibatkan siswa tampak jenuh dan beraktifitas semaunya yang akhirnya mengganggu kegiatan belajar. Siswa juga kekurangan waktu untuk berdiskusi saat pembelajaran, sehingga hasil belajar siswa sulit meningkat. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana aktivitas guru selama penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan media LKS pada materi barisan dan deret? (2) Bagaimana aktivitas siswa selama penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan media LKS pada materi barisan dan deret? (3) Adakah pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan media LKS pada materi barisan dan deret terhadap hasil belajar? Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian Pre-Experimental, menggunakan rancangan One – Group Pretest – Posttest. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi, lembar Pretest dan Posttest dan uji hipotesis analisis uji t-test berpasangan. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Aktivitas guru dalam melaksanakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan media LKS dengan sangat baik. Ditunjukkan pada, aktivitas guru pertemuan ke-1 sebesar 69,23% dan terletak pada kategori baik, pertemuan ke-2 sebesar 76,92% dan terletak pada kategori sangat baik, pertemuan ke-3 sebesar 84,61% dan terletak pada kategori sangat baik, dan pertemuan ke-4 sebesar 92,30% dan terletak pada kategori sangat baik. (2) Aktivitas siswa dalam pembelajaran meningkat secara klasikal. Ditunjukkan pada lembar observasi aktivitas siswa selama melakukan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan media LKS pada materi barisan dan deret siswa kelas XI Akuntansi SMK PGRI 3 Kota Kediri tahun pelajaran 2015/2016. Pencapaian pada pertemuan ke-1 = 70% dengan kriteria baik, pertemuan ke-2 = 71% dengan kriteria baik, pertemuan ke-3 = 75% dengan kriteria sangat baik dan pertemuan ke-4 = 78% dengan kriteria sangat baik. (3) Dari data yang diperoleh, penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan media LKS dapat mempengaruhi hasil belajar siswa pada materi barisan dan deret. Selain dari data yang diperoleh, peneliti bisa mengatakan mempengaruhi hasil belajar berdasarkan pada hasil analisis uji t-test berpasangan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-10

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI