PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL KOOPERATIF TIPE BERKIRIM SALAM DAN SOAL MATERI SISTEM PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X-TKR SMK MUHAMMADIYAH 2 KEDIRI TAHUN 2016


Author (Penulis)

BAGUS ANDIK PRADANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0030

Abstract

BAGUS ANDIK PRADANA : Pengaruh Pembelajaran Matematika Model Kooperatif Tipe Berkirim Salam dan Soal Materi Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X-TKR SMK Muhammadiyah 2 Kediri Tahun 2016, Skripsi, Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2016. Penelitian ini dilatarbelakangi dari rendahnya hasil belajar siswa pada materi sistem persamaan dan pertidaksamaan linear. Hal ini dikarenakan pemakaian model pembelajaran yang kurang tepat yang mengakibatkan hasil belajar rendah. Permasalahan yang diungkapkan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh pembelajaran matematika model kooperatif tipe berkirim salam dan soal materi sistem persamaan dan pertidaksamaan linear terhadap hasil belajar siswa kelas X-TKR SMK Muhammadiyah 2 Kediri tahun 2016 ? Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik Pre-experimental bentuk One-Group Pretest-Postes Design. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes uraian. Sebelum menggunakan uji t maka dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas varians. Dari hasil analisis data diperoleh rata-rata nilai tes siswa sebelum menggunakan model kooperatif tipe berkirim salam dan soal adalah 38,15 dan rata-rata nilai tes siswa sesudah menggunakan model kooperatif tipe berkirim salam dan soal adalah 78,96. Dari perhitungan uji t diperoleh ? t?_hitung = 33,71 dan t_tabel dengan df/db = 32 diperoleh angka 2,03 untuk taraf signifikan 5%. Karena ? t?_hitung ? t_tabel maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan pembelajaran matematika model kooperatif tipe berkirim salam dan soal materi sistem persamaan dan pertidaksamaan linear terhadap hasil belajar siswa kelas X-TKR di SMK Muhammadiyah 2 Kediri tahun 2016. Berdasarkan hasil penelitian, maka saran yang dapat peneliti berikan adalah (1) Sebaiknya guru menerapkan model kooperatif tipe berkirim salam dan soal untuk meningkatkan hasil belajar siswa. (2) Hendaknya siswa membiasakan diri untuk mencoba mengerjakan latihan soal matematika supaya hasil belajar yang rendah bisa diperbaiki menjadi lebih baik. Kata Kunci : Model Kooperatif Tipe Berkirim Salam dan Soal, Hasil Belajar

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-22

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI