PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) MENGGUNAKAN KARTU ARISAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MTS MASYARIQUL ANWAR SEKARAN KELUTAN NGRONGGOT PADA MATERI PERSAMAAN LINIER SATU VARIABEL TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

AZIMATUL BARIROH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0029

Abstract

Azimatul Bariroh: Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Menggunakan Kartu Arisan Terhadap Hasil Belajar Siswa MTs Masyariqul Anwar Sekaran Kelutan Ngronggot Pada Materi Persamaan Linier Satu Variabel Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi, Jurusan S1 Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri 2016. Pembimbing: (1) Yuni Katminingsih, S.Pd.M.Pd, (II) Drs.Darsono, M.Kom Kata kunci: Numbered Heads Together (NHT), Kartu Arisan, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit untuk dipahami dan membosankan, yang disebabkan karena kurangnya kemampuan guru dalam merancang model pembelajaran yang menarik. Dengan adanya penerapan model Numbered Heads Together (NHT) menggunakan kartu arisan, diharapkan hasil belajar yang dicapai dapat sesuai dengan harapan. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana aktivitas guru selama proses pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together (NHT)menggunakan kartu arisan siswa Kelas VII MTs Masyariqul Anwar Sekaran Kelutan Ngronggot pada materi Persamaan Linier Satu Variabel? (2) Bagaimana aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together (NHT) menggunakan kartu arisan siswa Kelas VII MTs Masyariqul Anwar Sekaran Kelutan Ngronggot pada materi Persamaan Linier Satu Variabel? (3) Apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together (NHT) menggunakan kartu arisan terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Masyariqul Anwar Sekaran Kelutan Ngronggot pada materi Persamaan Linier Satu Variabel?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas VII-A MTs Masyariqul Anwar Sekaran Kelutan Ngronggot. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 kali pertemuan, yaitu dengan menggunakan instrumen berupa lembar observasi guru, lembar observasi siswa, tes hasil belajar. Hasil penelitian dalam kegiatan pembelajaran aktivitas guru dan aktivitas siswa pada pertemuan ke-1 sampai dengan pertemuan ke-3 dapat dinyatakan baik. Hasil analisis uji-t untuk hasil belajar menyatakan bahwa t-hitung lebih besar dari t-tabel dengan taraf signifikan 5%, sehingga diterima dan ditolak. Artinya Ada pengaruh model pembelajaran Number Heads Together (NHT) menggunakan kartu arisan terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Masyariqul Anwar Sekaran Kelutan Ngronggot pada materi persamaan linier satu variabel. Dengan perolehan hasil diatas maka dapat disimpulkan (1) Melalui penggunaan model pembelajaran numbered heads together menggunakan kartu arisan pada materi persamaan linier satu variabel terhadap aktivitas guru dinyatakan sangat baik. Hal ini ditunjukkan dalam kegiatan aktivitas guru jumlah dari 3 pertemuan didapat nilai sebesar 34 dengan prosentse 80,95 % masuk dalam kriteria sangat baik.(2) Melalui penggunaan model pembelajaran numbered heads together menggunakan kartu arisan pada materi bilangan persamaan linier satu variabel terhadap aktivitas siswa dinyatakan baik. Hal ini ditunjukkan dengan jumlah skor dari masing-masing pertemuan didapatkan 981 dengan prosentase 61,97% dalam kriteria baik.(3) Model pembelajaran numbered heads together menggunakan kartu arisan pada materi persamaan linier satu variabel memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Besar pengaruh penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Menggunakan Kartu arisan terhadap hasil belajar siswa pada materi persamaan linier satu variabel adalah sebesar 27,87%.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-09

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI