penerapan pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing untuk meningkatkan keterampilan bertanya dan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Prambon pokok bahasan relasi dan fungsi
Author (Penulis)
ARNO EKO Y.
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.05.0025
Abstract
ABSTRAK
ARNO EKO YULIANTO (11.1.01.05.0025) “Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Ketrampilan Bertanya Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Prambon Pokok Bahasan Relasi Dan Fungsi”
Kata Kunci: kooperatif, Snowball, keterampilan bertanya, hasil belajar,
relasi dan fungsi
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa serta keterampilan bertanya siswa. Terutama pada materi relasi dan fungsi karea materi ini merupakan hal baru bagi siswa SMP. Hal ini terbukti dari hasil pengamatan pengajaran matematika di SMP Negeri 1 Prambon kabupaten Nganjuk.
Permasalahan penelitian ini adalah ( 1 ) Apakah Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe snowball throwing pokok bahasan relasi dapat meningkatkan keterampilan bertanya siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Prambon tahun pelajaran 2015/2016?. ( 2 ) Apakah Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe snowball throwing pokok bahasan relasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Prambon tahun pelajaran 2015/2016?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengansubyek penelitian siswa kelas VIII SMPN 1 Prmbon. Penelitina ini dilaksanakan dalam dua siklus, menggunakan instrument berupa RPP, Soal Evaluasi, Angket keterampilan bertanya.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Keterampilan bertanya siswa terhadap pembelajaran dengan model snowball throwing pada materi relasi dan fungsi kelas VIII SMP Negeri 1 prambon nganjuk dapat dikatakan baik. Karena adanya peningkatan keterampilan bertanya antara siklus 1 yaitu 24 rataan dan pada siklus 2 51 rataan.(2) Pembelajaran matematika dengan menggunakan model snowball throwing pada materi relasi dan fungsi kelas VIII SMP Negeri 1 prambon nganjuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa rata-rata siklus 1 sebesar 65,25 dan rata-rata siklus 2 sebesar 76,25 dengan prosentase ketuntasan siklus 1 sebesar 20% dan prosentase ketuntasan siklus 2 sebesar 80%