PROSES BERPIKIR SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN TINGKAT KEMAMPUAN SISWA PADA MATERI POKOK OPERASI ALJABAR KELAS VIII SMP MUHAMMMADIYAH KEDIRI


Author (Penulis)

ANITA AGUSTINA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0021

Abstract

Anita Agustina : Proses Berpikir Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Tingkat Kemampuan Siswa pada Materi Pokok Operasi Aljabar kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Kediri. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses berpikir siswa dalam memecahkan masalah aljabar bedasarkan tingkat kemampuan siswa, berikut ini adalah rumusan masalah pada penelitian ini: (1) Bagaimanakah proses berpikir siswa berkemampuan rendah dalam memecahkan masalah matematika pada materi pokok operasi aljabar? (2) Bagaimanakah proses berpikir siswa berkemampuan sedang dalam memecahkan masalah matematika pada materi pokok operasi aljabar? (3) Bagaimanakah proses berpikir siswa berkemampuan tinggi dalam memecahkan masalah matematika pada materi pokok operasi aljabar? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII D yang berjumlah 28 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam empat pertemuan yaitu pertemuan pertama siswa melasanakan Tes Matematika Umum, kemudian pada pertemuan kedua sampai pertemuan ketiga siswa melaksanakan uji Tes Matematika Siswa tahap 1 sampai 3 yang dilakukan pada waktu yang berbeda. Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari peneliti, lembar tes matematika umum, lembar tes matematika siswa, dan lembar wawancara. Instrumen penelitian tersebut telah divalidasi oleh dosen Universitas Nusantara PGRI Kediri. Hasil penelitian data Tes Matematika Umum (TMU) diperoleh sebanyak 46,4% siswa berkemampuan rendah, 35,8% siswa berkemampuan sedang, 10% siswa berkemampuan tinggi dan 7 % siswa tidak hadir. Dari data TMU dipilih 3 subjek yaitu OK sebagai subjek berkemampuan rendah, RP sebagai subjek berkemampuan sedang, dan DS sebagai subjek berkemampuan tinggi. Kemudian subjek diberi Tes Matematika Siswa untuk mengetahui proses berpikir yang dimiliki oleh subjek Berdasarkan hasil penelitian Siswa berkemampuan rendah belum melakukan proses berpikir secara asimilasi maupun akomodasi pada semua tahap dalam pemecahan masalah. Hal ini karena subjek belum memahami masalah dari awal sehingga sulit untuk menentukan langkah selanjutnya. Siswa berkemampuan sedang melakukan proses berpikir secara asimilasi dan akomodasi, dimana proses berpikir asimilasi dilakukan pada tahap memahami masalah, melaksanakan perencanaan, sedangkan proses akomodasi dilakukan pada perencanaan pemecahan masalah dan pemeriksaan hasil kembali. Siswa berkemampuan tinggi melakukan proses berpikir secara asimilasi disetiap tahap untuk melakukan pemecahan masalah matematika yang berkaitan dengan operasi aljabar. Kata Kunci : Proses Berpikir, Pemecahan Masalah, Operasi Aljabar.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-09

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI