PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG YANG DIDUKUNG MEDIA POWERPOINT TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BILANGAN BULAT DI SMP NEGERI 1 PAPAR BERDASARKAN GENDER
Author (Penulis)
ANESTI WIDYA PRATIWI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.05.0016
Abstract
ANESTI WIDYA PRATIWI
11.1.01.05.0016
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan – Program Studi Matematika
Anestiwidya03@gmail.com
Dr. Suryo Widodo, M.Pd dan Ika Santia, M.Pd
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengamatan dan pengalaman peneliti selama PPL di SMP Negeri 1 Papar. Minat belajar yang rendah mengakibatkan siswa kurang bersungguh-sungguh dalam mempelajari pelajaran matematika. Siswa laki-laki cenderung lebih memperhatikan saat guru menjelasakan mata pelajaran matematika dan sains, sementara perempuan lebih tertarik dengan mata pelajaran seni. Agar minat belajar siswa meningkat perlu adanya suatu media pembelajaran, salah satu media yang dapat digunakan adalah media powerpoint. Penelitian ini menggunakan design Posstest Only Control Design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode kuesioner/angket. Analisis Data menggunakan uji Anava 2 jalur dengan bantuan perangkat lunak SPSS for windows v.20. Pengujian hipotesis pengeruh model pembelajaran langsungyang didukung media powerpoint menunjukkan bahwa nilai signifikan???, maka terdapat pengaruh model pembelajaran langsung yang didukung media powerpoint terhadap minat belajar. Pengujian hipotesis untuk pengaruh gender terhadap minat belajar pun menunjukkan nilai signifikan < ????, maka terdapat pengaruh gender terhadap minat belajar siswa. Pengujian hipotesis untuk interaksi model pembelajaran langsung dan gender terhadap minat belajar menunjukkan nilai signifikan < ???? maka ada interaksi antara model pembelajaran langsung dan gender terhadap minat belajar.
Kata Kunci : Media Powerpoint, Minat Belajar, Bilangan Bulat, Gender.