REASONING HABIT SISWA KELAS VIII DALAM BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE ROLE PLAYING DI SMP MUHAMMADIYAH 4 GURAH KEDIRI
Author (Penulis)
ALLAK CHOIRUL HUDA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.05.0014
Abstract
Abstrak
REASONING HABIT SISWA KELAS VIII DALAM BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE ROLE PLAYING DI SMP MUHAMMADIYAH 4 GURAH KEDIRI
Kata kunci: Reasoning Habit, Role Playing
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran matematika di SMP Muhammadiyah 4 Gurah masih mengalami masalah. Nilai pelajaran matematika peserta didik masih dianggap kurang, hal itu disebabkan karena peserta didik menganggap matematika adalah salah satu mata pelajaran yang sulit. Nilai-nilai suatu mata pelajaran yang masih dianggap rendah dipandang sebagai kurangnya tingkat penguasaan peserta didik terhadap mata pelajaran dan kurangnya kemampuan guru yang mengajarkan mata pelajaran tersebut.
Pertanyaan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah pelaksanaan metode Role Playing di kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Gurah? (2) Bagaimanakah Reasoning Habit siswa kelas VIII dalam belajar matematika melalui metode Role Playing di SMP Muhammadiyah 4 Gurah? (3) Bagaimana aktivitas siswa saat menggunakan metode Role Playing dalam belajar matematika?
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan objek penelitian peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Gurah. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan instrumen berupa RPP, lembar observasi guru, lembar observasi siswa, soal tes evaluasi, dan wawancara.