PROFIL KONEKSI MATEMATIS SISWA DENGAN METODE PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA MATERI LINGKARAN SISWA KELAS VIII MTs ISLAMIYAH SUKOHARJO


Author (Penulis)

ALIFATUL ZUNANIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0013

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil ppengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran matyematika di MTs Islamiyah masih bersifat pasif, hal ini ditunjukan bahwa masih ada beberapa peserta didik yang belum tuntas dalam mengikuti pembelajaran matematika, dari 25 peserta didik masih ada 8 peserta didik yang belum tuntas pada pelajaran matematika. Maka penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan profil koneksi matematis dan deskripsi penerapan metode blended learning pada materi lingkaran dengan subbab jari-jari lingkaran dalam dan luar suatu segitiga di MTs Islamiyah Sukoharjo Tahun Ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik dari Mts Islamiyah Sukoharjo kelas viii semester genap yang berjumlah 24 peserta didik dengan jumlah subjek 8 peserta didik yang ditentukan dengan teknik pourposive sampling dan Disproporsioned Stratified Rendem sampling. Subjek tersebut terdiri dari peserta didik yang mempunyai kemampuan tinggi, sedang dan rendah. Data yang di dikumpulkan berupa hasil observasi guru dan observasi peserta didik, hasil soal tes evaluasi yang berbentuk essay, dokumentasi, dan hasil wawancara. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa profil koneksi matemtais dari peserta didik yang mempunyai kemampuan tinggi, sedang dan rendah bertutut-turut adalah berada pada level 3, level 2 dan level 1. Pembelajaran yang dilakukan guru dengan metode blended learning juga berada pada kategori baik. Pembelajaran yang diikuti peserta didik yang berkemampuan tinggi, sedang dan rendah berturut-turut memperoleh nilai rata-rata 61,5 dan 60,8 serta 48. Dengan demikian dapat disimpuulkan bahwa peserta didik kelas viii di MTs Islamiyah Sukoharjo mempunyai kemampuan koneksi matematis dari level 1 sampai 3 dan pembelajaran dengan metode blended learning berhasil dilakukan guru mencapai 83,5% dan untuk peserta didik mencapai 74,6% karena mencapai kategori minimal yaitu cukup baik dengan rata-rata 48. Kata kunci : Metode blended learning, profil koneksi matematis.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-12-28

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI