KEMAMPUAN SPASIAL SISWA MATERI GEOMETRI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS IT


Author (Penulis)

AKKA SEPTIAWAN ERLANDA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0010

Abstract

ABSTRAK Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan spasial siswa dalam pemecahan masalah geometri pada siswa kelas VIII dan tidak efektifnya proses pembelajaran geometri di MTs Al Ittihadiyah Canggu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran materi geometri menggunakan model pembelajaran discovery learning berbasis IT di MTs. Al Ittihadiyah Canggu dan mendeskripsikan kemampuan spasial siswa menggunakan model pembelajaran discovery learning berbasis IT di MTs. Al Ittihadiyah Canggu.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 30 siswa kelas VIII MTs Al Ittihadiyah Canggu. Objek penelitian ini adalah tingkat kemampuan spasial siswa dalam memecahkan masalah geometri pada siswa kelas VIII MTs Al Ittihadiyah Canggu dan proses pembelajaran geometri dengan model discovery learning berbasis IT. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi guru dan siswa, tes tulis dan wawancara. Analisis deskriptif kualitatif merupakan analisis data dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan tiga tahapan yaitu: penelitian pendahuluan, pengembangan desain dan pelaksanaan penelitian. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa proses model discovery learning materi geometri berbasis IT berjalan dengan baik dengan capaian presentase 90,5% dan kemampuan spasial siswa kelas VIII MTs Al Ittihadiyah Canggu sudah cukup baik. Kata Kunci: Kemampuan Spasial Siswa Masalah Geometri, Discovery Learning.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-09

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI