KEMAMPUAN BERFIKIR MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS IT MADRASAH TSANAWIYAH AL ITTIHADIYAH CANGGU BADAS KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

AINUN NAJIB
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0009

Abstract

Ainun Najib: kemampuan berfikir matematis siswa dalam pembelajaran matematika berbasis IT MTs. Al Ittihadiyah Badas Kabupaten Kediri, skripsi, Matematika, FKIP UNP Kediri, 2015 Kata Kunci: Kemampuan berfikir matematis , pembelajaran matematika berbasis IT Salah satu komponen penting yang harus dimiliki oleh siswa agar dapat menyelesaikan permasalahan dalam matematika adalah kemampuan berfikir matematis. Cara yang dapat dilakukan oleh guru untuk membantu mengembangkan hal ini adalah melalui media pembelajaran diantaranya pembelajaran berbasis berbasis IT. Media pembelajaran berbasis IT merupakan pembelajaran yang memberikan suatau situasi masalah kontekstual kapada siswa. Pada situasi masalah yang diberikan terdapat situasi, fakta, keadaan yang mempertentangkan struktur kognisi siswa. Dalam situasi ini ,fakta, keadaan kemampuan berfikir matematis siswa dalam pembelajaran matematika. Ada tiga keunggulan multimedia interaktif yang perlu dicermati,yaitu meningkatkan belajar matematika siswa, menunjang pengajaran matematika dikelas dan mempengaruhi bagaimana matematika diajarkan. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berfikir matematis siswa dalam pembelajaran berbasis IT sehingga guru dapat menggunakan hasilnya sebagai acuan untuk memberikan materi matematika dengan media yang sesuai dengan kemampuan berfikir matematis siswa. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan mendiskripsikan mengenai bagaimana pelaksanaan pembelajaran Matematika Berbasis IT serta mengetahui kemampuan berfikir matematis siswa kelas VIIIA MTs. Al Ittihadiyah Canggu Badas Kabupaten Kediri. Untuk pengambilan subjek penelitian dibagi dalam tiga tingkatan yaitu tingkat kemampuan tinggi, tingkat kemampuan sedang dan tingkat kemampuan rendah. Dimana subjek tersebut digunakan dalam sampel penelitian. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa aktivitas pembelajaran Matematika Berbasis IT sangat baik hal ini dibuktikan dengan perolehan prosentase sebesar 76,8% sedangkan aktivitas guru secara klasikal pada saat proses pembelajaran berlangsung mendapat perolehan prosentase sebesar 89% yang termasuk dalam kategori baik. Dengan demikian indikator aktivitas guru sesuai sintak pembelajaran memenuhi kriteria baik. Sedangkan untuk kemampuan berfikir matemati siswa secara umum tergolong kategori baik.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-10

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI