PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI ALJABAR SISWA KELAS VIII SMP PAWYATAN DAHA 1 KEDIRI


Author (Penulis)

AHMAD SYAIFUDIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0007

Abstract

ABSTRAK Ahmad Syaifudin : Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Untukmeningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Aljabar Siswa Kelas VIII Smp Pawyatan Daha 1 Kediri, Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan , Universitas Nusantara PGRI Kediri 2016, Pembimbing : (1) Drs. Darsono M.Kom (2) Aan Nurfahrudianto M.Pd Kata kunci : Penerapan, Model Pembelajaran TAI , Hasil Belajar, Poperasi hitung pada aljabar Penelitian ini dilatar belakangi dari kenyataan bahwa matematika di SMP Pawyatan Daha 1 Kediri masih didominasi oleh peran guru dalam menjelaskan materi. Akibatnya siswa menjadi pasif karena hanya mendengarkan dan hal tersebut berdampak pada kemampuan siswa dalam memahami materi dan hasil belajar siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hasil belajar siswa dalam materi operasi hitung aljabar dengan menggunakan model kooperatif tipe TAI (2) keaktifan siswa pada saat pembelajaran berlangsung dengan menggunakan model poembelajaran kooperatif tipe TAI (3) respon siswa setelah menggunakan model kooperatif tipe TAI. Penelitian dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Pawyatan Daha 1 Kediri. Instrumen yang digunakan adalah perangkat pembelajaran, lembar observasi keaktifan siswa, angket respon siswa, post test dan test akhir berupa soal pilihan ganda dan uraian. Simpulan dari penelitian ini adalah (1) hasil belajar siswa pada materi aljabar dikatakan meningkat Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa rata-rata siklus 1 sebesar 50,75 dan rata-rata siklus 2 sebesar 75,25 dengan prosentase ketuntasan siklus 1 sebesar 20% dan prosentase ketuntasan siklus 2 sebesar 80%.(2) keaktifan siswa saat pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe TAI dikatakan aktif karena prosentase siswa yang aktif mencapai 68%(3) Respon siswa terhadap pembelajaran dengan metode TAI pada materi aljabar kelas VIII C SMP Pawyatan Daha 1 Kediri dapat dikatakan baik. Hal ini dapat dikatakan baik. Hal ini dapat dilihat dari prosentase respon siswa yang bernilai positif sebesar 97,95% yang dapat dikategorikan dalam kategori sangat baik.dapat dikatakan baik. Hal ini dapat dilihat dari prosentase respon siswa yang bernilai positif sebesar 97,95% yang dapat dikategorikan dalam kategori sangat baik.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-07

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI