MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LAPS-HEURISTIK PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR KELAS X-TKJ SMK MUHAMMADIYAH 2 KEDIRI


Author (Penulis)

ADEK ENGGA NOVENDRI ANGGA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0004

Abstract

Adek Engga Novendri Angga. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Melalui Model Pembelajaran LAPS-Heuristik Pada Materi Sistem Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Kelas X-TKJ SMK Muhammadiyah 2 Kediri, Skripsi, Pendidikan Matematika, FKIP UNP Kediri, 2016. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil belajar siswa yang masih rendah pada materi Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan Linear. Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah kemampuan komunikasi matematik siswa rendah, siswa cenderung pasif dalam mengikuti pembelajaran. Guru masih banyak menggunakan metode ceramah, guru hanya mentransfer ilmu, sedangkan siswa hanya menerima tanpa memahami. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran matematika guru dengan model pembelajaran LAPS-Heuristik sebagai upaya meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa kelas X-TKJ SMK Muhammadiyah 2 Kediri? (2) Bagaimana peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa kelas X-TKJ SMK Muhammadiyah 2 Kediri setelah dilaksanakan pembelajaran matematika dengan model pembelajaran LAPS-Heuristik? Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas X-TKJ SMK Muhammadiyah 2 Kediri. Teknik pengambilan datanya yaitu dengan cara observasi dan tes evaluasi. Perangkat yang digunakan adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi guru dan siswa, dan lembar tes evaluasi. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Penerapan proses pembelajaran matematika melalui dengan model pembelajaran LAPS-Heuristik pada materi Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan Linear di SMK Muhammadiyah 2 Kediri secara umum terlaksana dengan baik. (2) Peningkatan pembelajaran matematika melalui model pembelajaran LAPS-Heuristik terhadap komunikasi matematik siswa berada pada kategori baik. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Proses pelaksanaan pembelajaran oleh guru dengan model pembelajaran LAPS-Heuristik pada materi Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan Linear cukup baik dan mampu meningkatkan kemampuan komunikasi matematik masing-masing siswa. (2) Peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa kelas X-TKJ SMK Muhammadiyah 2 Kediri setelah dilaksanakan pembelajaran matematika dengan model pembelajaran LAPS-Heuristik meningkat dengan cukup baik. Kata Kunci : LAPS-Heuristik, Komunikasi Matematik

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-22

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI