ABSTRAK
Achmad Zein Nur Hamzah: Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kediri Pada Materi Bilangan Bulat Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Terstruktur, Skripsi, Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusanntara PGRI Kediri, 2018.
Penelitian ini 70% dari 23 siswa beranggapan bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit untuk dipahami dan metode pengajaran yang dipakai gurunya juga dianggap membosankan atau kurang menarik sehingga dalam kegiatan belajar mengajar terlihat beberapa siswa tidak begitu memperhatikan apa yang disampaikan gurunya. Siswa juga masih kesulitan dalam mengkomunikasikan apa yang telah dikerjakan sehingga banyak ditemukan kesulitan – kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII pada materi bilangan bulat melalui pembelajaran berbasis masalah ? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kediri. Teknik pengambilan data dengan cara wawancara dan tes . Perangkat yang digunakan antara lain RPP dan instrumen yang digunakan yaitu wawancara, dan lembar tes.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Siswa mampu mendeskripsikan kemampuan penalaran bilangan bulat dengan PBM pada kelas VII SMP Negeri 2 Kediri. Penggunaan pembelajaran ini dapat membantu siswa mengembangkan pemikiran mereka serta membantu siswa untuk mengutarakan pendapat dan dapat menuangkan ide – ide siswa dalam menyelesaikan permasalahan.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian, direkomendasikan: (1) Tujuan pokok pengunaan PBM pada siswa dengan materi bilangan bulat mampu melatih penalaran matematis siswa, oleh sebab itu guru harus mengembangkan ide yang dapat memacu siswa untuk mengembangkan kemampuan penalaran matematisnya.
Kata Kunci: Kemampuan Penalaran Matematis, PBM Terstruktur
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
Dewi, Erviana. 2014. Pengaruh Model PBL (Well-Structured Dan Ill-Structured) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Dan Keterampilan Pemecahan Masalah Di SMA N 1 Sleman Dan SMA N 1 Mlati. Disertasi. Yogyakarta : UNY
Dwi, Ikhsan Setyono. 2008. Peningkatan Kemampuan Penalaran Siswa Dalam Pembelajaran Matematika (online). Diunduh 1 Februari 2015 pukul 12.23 WIB
Firda, Dewi Sukmawati. 2014. Kreativitas Siswa Dalam Memecahkan Masalah Melalui Pengajuan Open-Ended Problem Picture Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Siswa. Skripsi : UNP Kediri
Herman, Tatang. 2006, Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Disertasi, Universitas Pendidikan Indonesia
Mega, Novi Lestari. 2011. Pembelajaran berbasis masalah terstruktur (online). Diunduh 27 Februari 2015 pukul 05.25 WIB
Nurhidayah, Alif. 2012. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terstruktur Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTSN 2 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta : UIN Sunan Kalijaga
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor – Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta
Sugiono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta
Urman, 2010. Pembelajaran Berbasis Masalah Terstruktur Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematik Siswa Sekolah Menengah Pertama. Thesis, Universitas Pendidikan Indonesia
Yurianti, Syarifah. 2014. Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas X SMA. Disertasi, UNTAN