PENERAPAN METODE INKUIRI DALAM UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR KELAS X SMK PGRI 4 KEDIRI PADA MATERI SPLDV DAN SPtLDV
Author (Penulis)
ABI SALMAN ALFARISI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.05.0002
Abstract
Abi Salman Alfarisi, penerapan metode inkuiri dalam upaya meningkatkan kreativitas belajar siswa kelas X SMK 4 PGRI KEDIRI pada matri spldv dan sptldv, Skripsi, Matematika, FKIP UNP KEDIRI, 2015.
Kata Kunci : Inkuiri, kreativitas, hasil belajar.
Penelitian ini dilator belakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa proses pembelajaran matematika kelas X pada materi SPLDV dan SPtLDV masih didominasi oleh metode konvensional atau ekspositori, dan akibatnya proses pembelajaran menjadi monoton dan membosankan, hal inilah yang mempengaruhi siswa dalam memperoleh prestasi belajar yang belum memuaskan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah aktivitas siswa selama pembelajaran dengan menggunakan metode inkuiri? (2) Bagaimanakah guru menerapkan metode inkuiri di kelas? (3) Apakah metode inkuiri dapat meningkatkan kreativitas siswa SMK pada materi sistem persamaan dan pertidaksamaan linier dua variabel? (4) Apakah dengan metode inkuiri hasil belajar siswa akan meningkat?
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa kelas X SMK PGRI 4 Kediri. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, menggunakan isntrumen berupa RPP, lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi respon siswa, dan tes hasil belajar siswa.
Kesimpulan penelitian ini adalah (1) dengan menggunakan metode Inkuiri hasil belajar siswa meningkat (2) kreativitas siswa dalam pembelajaran mengalami peningkatan (3) aktivitas siswa pada saat mengikuti pembelajaran meningkat.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Tujuan pokok penggunaan pembelajaran dengan metode Inkuiri adalah untuk mengembangkan aktivitas dan kreativitas siswa. Oleh sebab itu guru sebagai pelaksana pembelajaran harus mengutamakan proses yang mendukung terciptanya suasana yang baik. (2) Guru masih perlu meneliti terus menerus, untuk membuktikan apakah metode Inkuiri sesuai dengan seluruh karakteristik materi dan karakteristik siswa.