Analisis Efektivitas Dan Efisiensi Pajak Reklame Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Kediri Tahun 2013 - 2015
Author (Penulis)
YOGA PRAYOGI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.04.0111
Abstract
ANALISIS EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI PAJAK REKLAME TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH KOTA KEDIRI TAHUN 2013 - 2015
Yoga Prayogi
11.1.01.04.0111
FKIP – Pendidikan Ekonomi
jambrongyogi@gmail.com
Zainal Arifin dan Elis Irmayanti
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk mengkaji sejauh mana efektivitas atas pemungutan pajak reklame dan untuk mengetahui seberapa efisien penerimaan pajak reklame terhadap pendapatan asli daerah.
Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data secara kuantitatif dengan langkah – langkah analisis data sebagai berikut: (1) Menganalisis pelaksanaan pemungutan pajak reklame yang terdiri dari: struktur organisasi, pembagian tugas, prosedur pemungutan, sarana dan fasilitas, serta kemampuan aparat. Analisis target dan realisasi pajak reklame. Analisis efisiensi pajak reklame terhadap Pendapatan asli daerah.
Rumus Efektifitas : PENERIMAAN PAJAK / POTENSI PAJAK x 100%
Rumus Efisiensi: BIAYA PEMUNGUTAN / HASIL PENERIMAAN PAJAK x 100%
Bedasarkan penelitia, bahwa pajak reklame yang dilaksanakan di Dinas Pendapatan Kota Kediri sudah berjalan dengan efektif. Hal ini di buktikan dengan adanya tingkat pajak reklame yang diperoleh pada tahun 2013 sebesar 109,80%, tahun 2014 163,19%, dan tahun 2015 sebesar 93,63%. Walaupun pada tahun 2015 penerimaan pajka reklame mengalami penurunan, tetapi masih terbilang efektif. Sedangkan efisiensi pajak reklame terhadap pendapatan asli daerah prosentasenya semakin meningkat. Hal ini dibuktikan dengan adanya tingkat efisiensi pajak reklame ynag diperoleh pada tahun 2013 sebesar 4,32%, tahun 2014 sebesar 3,06%, dan tahun 2015 sebesar 5,34%.
Bedasarkan kesimpulan diatas, penulis dapat memberikan saran bahwa sebaiknya Dinas Pendapatan Kota Kediri lebih meningkatkan upaya intensifikasi dan ekstensifikasi pajak guna menunjang dan menambah pendaptan daerah.
Kata kunci: Efektivitas, Efisiensi, Pajak Reklame, Pendapatan Asli Daerah