Analisis Kebijakan Penjualan Kredit untuk Menilai Efisiensi Piutang pada Adira Finance cabang Kediri
Author (Penulis)
WAHYU ARGOHARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.04.0107
Abstract
Wahyu Argohari
11.1.01.04.0107
Pendidikan Ekonomi Akuntansi Fakultas Kegururuan dan Ilmu Pendidikan
Wahyu.argohari@gmail.com
Dr. M. Muchson, S.E, M.M dan Dr. M. Anas, S.E, M.M, M.Si
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
ABSTRAK
Wahyu Argohari: Analisis Kebijakan Penjualan Kredit Untuk Menilai Efesiensi Piutang Pada Adira Finance Cabang Kediri, Kediri, PEA, FKIP UNP Kediri, 2015.
Kata kunci: Kebijakan Penjualan Kredit, Efesiensi Piuntang
Permasalahan penelitian ini adalah Bagaimana analisis kebijakan penjualan kredit untuk menilai efisien piutang pada Adira Finance Cabang Kediri. Penerapan kebijakan penjualan secara kredit yang dilakukan perusahaan merupakan salah satu usaha perusahaan dalam rangka meningkatkan volume penjualan. Penjualan kredit tidak segera menghasilkan penerimaan kas, tetapi menimbulkan apa yang disebut dengan piutang. Karena itu dalam pemberian kredit, perusahaan harus merencanakannya dengan baik, mengelola dan mengevaluasi tingkat efisiensinya. Sesuai dengan permasalahan dalam penelitian ini, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis kebijakan penjualan kredit untuk menilai efisiensi piutang pada Adira Finance Cabang Kediri.
Penelitian ini menggunakan teknik penelitian deskriptif dan pendekatn kuantitif, variabel yang diteliti ada 2 yaitu kebijakan penjualan kredit sebagai variabel bebas, dan efesiensi piutang sebagai variabel terikat. Penelitian ini dilakukan di Adira Finance Cabang Kediri. Adapun teknik analisa data yang digunakan yaitu teknik analisis data kuantitatif. Untuk menilai kebijakan penjualan kredit digunakan analisa konsep 5C, dan untuk menilai efesiensi piutang digunakan analisis rasio tingkat perputaran piutang dan rata-rata pengumpulan piutang.
Dari hasil analisis dapat disimpulkan: Tingkat perputaran piutang yang ditetapkan perusahaan sebanyak 12 kali yang terjadi selama tahun 2012 sampai dengan 2014 menunjukkan peningkatan yang cukup baik pada tahun 2012 adalah 14 kali, pada tahun 2013 sebesar 16 kali, dan pada tahun 2014 sebesar 17 kali. Dan Rata-rata pengumpulan piutang pada tahun 2012 rata-rata pengumpulan piutang adalah 26 hari, pada tahun 2013 adalah 23 hari, dan pada tahun 2014 adalah 21 hari. Hal ini mencerminkan bahwa penerapan kebijakan penjualan kredit perusahan sudah efektif dan efisien.
Kata kunci: Kebijakan Penjualan Kredit, Efesiensi Piuntang