Analisis Perhitungan Metode Cost Plus Pricing dalam Menentukan Harga Jual Produk pada PT. Wonojati Wijoyo Kediri


Author (Penulis)

REFTI YUNINGSIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.04.0083

Abstract

ABSTRAK REFTI YUNINGSIH : Analisis Perhitungan Metode Cost Plus Pricing dalam Menentukan Harga Jual Produk pada PT. Wonojati Wijoyo Kediri, Skripsi, PE- Akuntansi, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata kunci : Biaya Produksi, Biaya Non Produksi, Metode Cost Plus Pricing Sebuah perusahaan yang bergerak dibidang produksi suatu barang, maka perusahaan tersebut harus dapat menetapkan harga jual yang tepat agar dapat menghasilkan profit yang sebesar- besarnya, serta kompetitif dengan para kompetitornya dalam menentukan harga jual. Perhitungan harga jual dengan menggunakan metode Cost Plus Pricing menghasilkan perhitungan harga jual lebih akurat dan terjamin kebenarannya dibandingkan dengan perhitungan harga jual yang dilakukan oleh perusahaan yang hanya berdasarkan pada perhitungan tanpa memasukkan unsur biaya non produksi. Dan dalam metode ini termasuk didalamnya diperhitungkan laba yang diharapkan serta perhitungan persentase mark up. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis perhitungan metode cost plus pricing dalam menentukan harga jual produk pada PT Wonojati Wijoyo Kediri Tahun 2009 sampai 2013. Teknik pengambilan sampel yang digunakan sesuai dengan adalah sampling purposive. Pengumpulan data diperoleh dengan berbagai sumber dan berbagai cara dengan melakukan wawancara dan dokumentasi secara langsung dengan objek yang diteliti. Diperoleh sampel selama 5 tahun dari tahun 2009 sampai 2013 dari populasi selama 10 tahun dari tahun 2003 sampai 2013. Teknik analisis yang digunakan adalah analisa kuantitatif yang digunakan untuk mengolah data dan mengalisa data yang diperoleh yang berupa angka- angka dan dihitung menggunakan rumus. Hasil yang diperoleh di dalam penelitian menggunakan metode cost plus pricing menunjukkan bahwa harga jual produk meja terdapat selisih antara perhitungan perusahaan dengan perhitungan menggunakan metode Cost Plus Pricing yang memperhitungkan biaya produksi dan biaya non produksi. Seperti di tahun 2013 perhitungan dengan menggunakan metode cost plus pricing yaitu sebesar Rp 5.065.940,73. Sedangkan perusahaan menentukan harga jual tanpa menggunakan metode cost plus pricing yaitu sebesar Rp 4.875.000. Sehingga ada selisih antara perhitungan metode cost plus pricing dengan perhitungan perusahaan sebesar Rp 190.940,73 Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam menentukan harga jual, PT.Wonojati Wijoyo tidak memperhitungkan biaya non produksi. Sehingga perusahaan dalam menentukan harga jual menggunakan metode Cost Plus Pricing dengan metode full costing ini menggambarkan biaya yang dikeluarkan perusahaan secara menyeluruh dan bukan hanya sekedar perkiraan saja.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-14

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI