ANALISIS VARIABLE COSTING UNTUK PENGAMBILAN KEPUTUSAN JANGKA PENDEK DALAM MENERIMA ATAU MENOLAK PESANAN KHUSUS PADA MEUBEL UD.ANTIK GROUP


Author (Penulis)

RAHMAT AFANDI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.04.0081

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi permasalahan beberapa tahun terakhir ini UD.Meubel Antik Group sering menerima pesanan khusus dari berbagai pihak, tetapi pesanan tersebut tidak diterima. Karena harga pesanan yang diterima terlalu rendah bahkan dibawah harga pokok yang telah diperhitungkan. Untuk pesanan-pesanan yang bersifat khusus perlu di analisis lebih lanjut dengan memanfaatkan analisis biaya variable costing. Permasalahan penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan variable costing dapat digunakan untuk pengambilan keputusan jangka pendek dalam menerima atau menolak pesanan khusus pada UD. Meubel Antik Group Kediri?

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatifdenganmetode expost facto. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan dokumentasi Meubel UD. Antik Group Kediri dan teknik analisis data menggunakan variable costingdan perhitungan biaya per unit. Populasi yang digunakan data hasil produksi, rekapitulasi biaya, kapasitas produksi dan harga jual per unit, volume produksi, volume penjualan, pesanan-pesanan khusus dari tahun berdiri 2005 sampai 2015 dan sampel yang digunakan data rekapitulasi biaya dari tahun 2015 pada Meubel UD Antik Group.

Berdasarkan hasil penelitian maka dilakukan pengolahan data yakni dengan menggunakan variable costing dan perhitungan biaya per unit. Dari perhitungan harga pokok produksi yang tepat dalam pengambilan keputusan pesanan khusus adalah metode variable costing, perusahaan akan memperoleh laba atas tawaran khusus sebesar Rp.227.807.257,19.Hal ini berati perusahaan dapat menerima pesanan khusus sebab akan memperoleh tambahan laba. Selain itu perusahaan dapat memanfaatkan kapasitas produksi yang mengganggur

Berdasarkan simpulan diatas, direkomendasikan (1) Perusahaan sebaiknya melakukan analisis serta perhitungan yang teliti terhadap penawaran pesanan khusus(2)Perusahaan sebaiknya melakukan analisis biaya variable costing dalam pengambilan keputusan menerima atau menolak pesanan khusus.                 

 

Kata Kunci : variabel costing, menerima atau menolak pesanan khusus


Keyword

a

Reference

Arikunto, Suharsimi, 2006, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta; Rineka Cipta

Mulyadi, 2005, Akuntansi Biaya, edisi kelima, cetakan ketujuh, Yogyakarta; UPPAMP YKPN.

Satori, Djam’an dan Komariah, Aan. 2006, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta.

Soeratno, dan Lincollin Arsyad, 2006, Metode Penelitian untuk Ekonomi dan Bisnis, Yogyakarta; UII Unit

Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta

Prawironegoro, Darsono dan Ari Purwanti, 2009, Akuntansi Manajemen, edisi ketiga, Mitra Wacana Media, Jakarta; Mitra Wacana Media


PUBLISHED

2018-08-20

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 08 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI