ANALISIS BIAYA RELEVAN UNTUK PENGAMBILAN KEPUTUSAN MEMBUAT SENDIRI ATAU MEMBELI DARI LUAR (KUBAH MASJID) DI PT. ANUGERAH KUBAH INDONESIA


Author (Penulis)

MOH. AS'ARUL ANWAR
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.04.0065

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan bahwa di perusahaan ada pilihan alternatif dari aktifitas produksi yang dilakukan antar membuat sendiri atau membeli dari pihak lain.

Tujuan Penelitian, yaitu pertama untuk mengetahui perhitungan biaya relevan yang untuk membuat sendiri atau membeli dari luar, kedua untuk mengetahui analisis biaya relevan dalam mengamil keputusan untuk membuat sendiri atau membeli dari luar.

Penelitian ini menggunakan metode expost facto dengan objek penelitian adalah laporan biaya produksi dan dokumentasi wawancara PT. Anugerah Kubah Indonesai. Teknik pengambilan sample yang digunakan adalah purposive sampling.  

Hasil penelitian menunjukkan bahwa membuat sendiri total biaya yang di keluarkan oleh perusahaan sebesar Rp 741.620,95, sedangkan jika membeli dari pihak lain biaya yang di keluarkan adalah Rp 8.726.540 dan jumlah biaya yang dihemat adalah Rp 741.620,95 dengan prosentase sebesar 8,49 %.

Berdasarkan hasil penelitian diharapkan dapat berguna secara langsung bagi PT. Anugerah Kubah Indonesia dan dapat memberikan pertimbangan dan masukan bagi PT. Anugerah Kubah Indonesia dalam mengambil keputusan untuk membuat sendiri atau membeli dari luar. Dalam Penelitian ini, rekomendasi yang kami berikan kepada PT. Anugerah Kubah Indonesia adalah untuk membuat sendiri karena jumlah biaya yang dihemat adalah adalah Rp 741.620,95 dengan prosentasi sebesar 8,49 %.

 


Keyword

a

Reference

Arikunto,    Suharsimi. 2006.  Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Andry. 2011. Analisis Penerapan Biaya Relevan dalam Menerima atau Menolak Pesanan Khusus pada PT. Adinata di Makassar. Makassar: Universitas Hasanudin.

Baridwan, Zaki. 2011. Intermediate Accounting. Yogyakarta: BPFE.

Halim, Abdul. 2013. Akuntansi Manajemen. Yogyakarta: BPFE.

Hidayat, Rahmat. 2014. Analisis Penerapan Biaya Relevan dalam Menerima atau Menolak Pesanan Khusus pada UD. Rezky Bakery. Manado : Universitas Sam Ratulangi.

Indriantoro, Nur Bambang. 2009. Metodologi Penelitian Bisnis : Untuk Akuntansi Manajemen. Yogyakarta: BPFE.

Kuncoro,  Mudrajad. 2009. Metode Riset Untuk Bisnis Dan Ekonomi. Jakarta: Erlangga.

Moleong, Lexy J. 2008.  Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyadi. 2010. Akuntansi Biaya. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Potalangi, S. S., Morasa, J., Tirayoh, V. Z.. 2014. Jurnal Emba : Penerapan Biaya Relevan dalam Pengambilan Keputusan membuat Sendiri atau Membuat Produk Setengah Jadi untuk Meningkatkan Laba pada CV. Tabea. Diakses tanggal 10 Januari 2018 melalui Web (http

s://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/4709).

Samryn, L. M. (2006). Akuntansi Manajerial : Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persana.

Suadi, Arie. 2013. Akuntansi Biaya. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiri, Slamet. 2004. Akuntansi Manajemen. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. Wiratna. 2015. Statistik untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: Pusataka Baru Press.

Sukardi. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan Komputer dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Tanzeh, Ahmad. 2004. Metode Penelitian Praktis. Jakarta: PT Bina Ilmu.

Wibowo, Ardyanto. 2013. Analisis Biaya relevan untuk Pengambilan keputusan mempertahankan atau menghentikan segmen perusahaan pada CV. Podo Kumpul. Yogyakarta : Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

 


PUBLISHED

2018-08-24

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 01 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI