ANALISIS BASE LENDING MODEL UNTUK MEMBERDAYAKAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) STUDI KASUS PADA UD. SINAR JEPARA KAB. NGANJUK PERIODE 2012-2014


Author (Penulis)

DIAN AYU SURAYA INDAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.04.0019

Abstract

ABSTRAK DIAN AYU SURAYAINDAH: Analisis Base Lending Model Untuk Memberdayakan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) mebel UD. Sinar Jepara Kab. Nganjuk Periode 2012-2014, Skripsi, Pendidikan Ekonomi Akuntansi, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata kunci: Base lending model, memberdayakan UMKM. Persaingan antar UMKM yang semakin ketat menuntut UMKM untuk selalu melakukan perbaikan dalam mencapai suatu keunggulan bersaing produk. Berkaitan dengan hal tersebut, UD. Sinar Jepara mempertimbangkan base lending model untuk mengetahui kelayakan usahanya, salah satunya dihitung menggunakan Payback Period, Net Present Value, Internal Rate Of Return, Base Lending Rate, Break Event Point untuk memberdayakan UMKM. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana analisis base lending model (Payback Period, Net Present Value, Internal Rate Of Return, Base Lending Rate, Break Event Point) untuk memberdayakan UMKM pada UD. Sinar Jepara Nganjuk periode 2012-2014? Penelitian ini menggunakan teknik deskriptif dengan metode pendekatan kuantitatif, variabel bebasnya adalah base lending model dan variabel terikatnya adalah memberdayakan UMKM. Populasi dalam penelitian adalah seluruh anggota UMKM yang ada di mebel UD. Sinar Jepara berjumlah 8. Sampelnya yaitu UMKM mebel UD. Sinar Jepara dan penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi dan interview, analisa data dilakukan menggunakan rumus Payback Period, Net Present Value, Internal Rate Of Return, Base Lending Rate, Break Event Point. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) base lending model dihitung menggunakan Net Present value UD. Sinar Jepara mengalami peningkatan sebesar Rp 41.329.781 ini berarti suatu proyek dapat dinyatakan menguntungkan dan dapat dilaksanakan. Internal return of rate juga mengalami peningkatan yakni sebesar 48,93% disini berarti IRR > i (discount rate) atau 48,93% >7,75% yang berlaku maka proyek tersebut layak untuk dilaksanakan. Payback period juga menunjukkan pengembalian modal UD. Sinar Jepara cepat kembali. Pengembalian modal UD. Sinar Jepara kembali dalam waktu 2 tahun lebih 1 bulan. Break event point UD. Sinar Jepara sebesar Rp 106.000;(2) upaya-upaya yang dilakukan UD.Sinar Jepara untuk memberdayakan UMKM mebel adalah penumbuhan kemandirian, kebersamaan, kewirausahaan UMKM untuk berkarya dalam meningkatkan daya saing UMKM dalam pangsa pasar serta memajukan dan mengembangkan sektor UMKM.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-07

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI