PENGARUH MOTIVASI INTRINSIK DAN MOTIVASI EKSTRINSIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS VII DI SMPN 1 BANYAKAN KEDIRI


Author (Penulis)

TUNJUNGSARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.03.0031

Abstract

Mengingat pentingnya pendidikan banyak upaya yang harus dilakukan dalam pendidikan antara lain menyediakan fasilitas yang memadai, lembaga pendidikan yang profesional serta tak kalah pentingnya motivasi belajar para peserta didik. Pendidikan akan berhasil apabila dikelola dengan cara yang baik. begitu pula kaitannya dengan proses belajar mengajar akan berhasil jika terdapat motivasi yang tinggi pada peserta didik. Motivasi akan mendasari keberhasilan belajar peserta didik. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik siswa kelas VII di SMPN 1 Banyakan Kediri? (2) Bagaimanakah prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas VII di SMPN 1 Banyakan Kediri? (3) Adakah pengaruh motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik terhadap prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas VII di SMPN 1 Banyakan Kediri? Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kuantitatif, penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Banyakan Kediri dan dimulai pada bulan Januari semester genap tahun pelajaran 2014-2015. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas atau variabel independent yaitu motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik serta variabel terikat atau variabel dependent yaitu prestasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa di SMPN 1 Banyakan Kediri yang berjumlah 450 siswa. Sedangkan teknik sampel yang diambil adalah teknik random sampling, yaitu sebesar 10% dari 450 yaitu sebanyak 45 siswa/responden. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi dan kuesioner (angket). Sedangkan untuk mencari korelasi digunakan rumus statistik product moment. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik siswa kelas VII di SMPN 1 Banyakan Kediri tergolong kategori cukup dalam meningkatkan prestasi belajar yang memperoleh nilai 60,2. Setelah dikonsultasikan pada tabel konvensi nilai. (2) Prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas VII di SMPN 1 Banyakan Kediri memperoleh nilai 7,29 ini juga termasuk kategori cukup setelah dikonsultasikan pada tabel konvensi nilai. (3) Berdasarkan hasil pengujian hipotesis statistik rumus r product moment dapat diperoleh angka 0,2108 dan dengan dikonsultasikan pada taraf signifikan 5% (0,288) dan pada taraf 1% (0,372). Dengan demikian dapat diketahui bahwa pengaruh motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik terhadap prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas VII di SMPN 1 Banyakan Kediri terdapat pengaruh yang rendah.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-09

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI