MENINGKATKAN PEMAHAMAN TENTANG UNSUR-UNSUR NKRI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CTL BERBANTUAN MEDIA TABEL UKD MONTEVIDEO PADA SISWA KELAS IX-D SMPN 2 PURWOASRI
Author (Penulis)
AVANDILIA MAMOR BURHANUDIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.03.0029
Abstract
Abstrak
AVANDILIA MAMOR BURHANUDIN : Meningkatkan Pemahaman Tentang Unsur-Unsur NKRI Melalui Penerapan Model Pembelajaran CTL Berbantuan Media Tabel UKD Montevideo Pada Siswa Kelas IX-D SMPN 2 Purwoasri, Skripsi, PPKn, FKIP, UNP Kediri, 2015.
Kata kunci : Pemahaman, Unsur-Unsur NKRI, CTL, Tabel UKD Montevideo.
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti bahwa guru dalam melaksanakan pembelajaran PPKn terlihat monoton, seakan mendikte siswa dengan materi yang disampaikan secara ceramah, sehingga terlihat didominasi oleh guru. Akibatnya siswa merasa jenuh, hal ini yang menurut peneliti menyebabkan pemahaman siswa terhadap pelajaran PPKn masih rendah.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah langkah-langkah guru yang tepat dalam menerapkan model pembelajaran CTL berbantuan media Tabel UKD Montevideo sehingga dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi tentang Unsur-Unsur NKRI ? (2) Bagaimanakah kegiatan belajar siswa dalam penerapan model pembelajaran CTL berbantuan media Tabel UKD Montevideo sehingga dapat meningkatkan pemahaman tentang Unsur-Unsur NKRI ? (3) Benarkah penerapan model pembelajaran CTL berbantuan media Tabel UKD Montevideo yang tepat dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi tentang Unsur-Unsur NKRI ?.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan subyek penelitian siswa kelas IX-D SMPN 2 Purwoasri. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen pengumpulan data meliputi observasi kegiatan siswa, observasi kegiatan guru, tes dan angket kepuasan belajar siswa. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan ialah teknik analisis deskriptif.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Melalui pelaksanaan siklus pembelajaran dapat ditemukan langkah-langkah guru yang tepat dalam menerapkan model pembelajaran CTL berbantuan media Tabel UKD Montevideo sehingga dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi tentang Unsur-Unsur NKRI. (2) Melalui pelaksanaan siklus pembelajaran dapat diketahui kegiatan belajar siswa dalam penerapan model pembelajaran CTL berbantuan media Tabel UKD Montevideo sehingga dapat meningkatkan pemahaman tentang Unsur-Unsur NKRI. (3) Melalui pelaksanaan siklus pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran CTL berbantuan media Tabel UKD Montevideo yang tepat terbukti dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi tentang Unsur-Unsur NKRI. Pada siklus I ketuntasan belajar mencapai 19 siswa (61,29%), dan pada siklus II ketuntasan belajar meningkat menjadi 24 siswa (77,41%). Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan selama pelaksanaan siklus I dan Siklus II.
Berdasarkan hasil pengalaman selama pelaksanaan penelitian, peneliti menyarankan: guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran sebaiknya didasarkan pada kekurangan dan kelebihan yang diketahui setelah melakukan refleksi disetiap akhir pembelajaran.