PENERAPAN PERMAINAN BISIK BERANTAI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI MATERI KERAGAMAN BUDAYA MATA PELAJARAN PPKn SISWA KELAS IV SDIT AL- ISTIQOMAH TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

SURYA ADINATA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.03.0022

Abstract

PENERAPAN PERMAINAN BISIK BERANTAI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI MATERI KERAGAMAN BUDAYA MATA PELAJARAN PPKN SISWA KELAS IV SDIT AL-ISTIQOMAH TAHUN PELAJARAN 2014/2015. SURYA ADINATA, NPM: 11.1.01.03.0022, FKIP PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN, Email: suryaadinata79@gmail.com Agus Widodo, M.Pd.1 dan Suratman, SH., M.Pd.2 UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI. ABSTRAK Latar belakang penelitian ini ditemukan permasalahan rendahnya kualitas pembelajaran PPKn di kelas IV SDIT AL-ISTIQOMAH Pace, berdasarkan refleksi melalui observasi.Data pendukung adalah hasil belajar 60% siswa yang memperoleh nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 65. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan penelitian dengan menerapkan permainan bisik berantai. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan langkah-langkah yang tepat penerapan permainan bisik berantai,peningkatan aktivitas siswa, dan peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDIT AL-ISTIQOMAH Pace. Permasalahan tersebut dikaji melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam tiga siklus masing-masing siklus terdiri dari satu pertemuan.Subjek penelitian adalah guru dan 21 siswa kelas IV SDIT AL-ISTIQOMAH.Jenis data meliputi kuantitatif dan kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif . Hasil penelitian yaitu ditemukannya langkah-langkah yang tepat untuk penerapan metode permainan bisik berantai dan aktivitas siswa mengalami peningkatan, siklus I skor rata-rata 25,66 dan kualifikasi cukup. Pada siklus II skor rata-rata 33,46 dan kualifikasi baik. Puncaknya pada siklus III skor rata-rata 35,57, dan kualifikasi sangat baik. Hasil belajar pada siklus I persentase ketuntasan 61,90% dengan nilai rata-rata 61,90. Siklus II meningkat menjadi 71,42%, dengan nilai rata-rata 70,95. Siklus III persentase ketuntasan 90,47% dengan nilai rata-rata 78,57. Simpulan penelitian adalah penerapan permainan bisik berantai dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PPKn kelas IV SDIT AL-ISTIQOMAH Pace, dengan ditemukannya langkah-lanhkah yang tepat dalam penerapan permainan bisik, meningkatnya aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa, dan saran untuk perbaikan pendidikan dan proses pembelajaran, sebaiknya guru menerapkan inovasi pembelajaran terutama penerapan permainan bisik berantai, serta memotivasi siswa agar aktif dalam pembelajaran. Sebaiknya penerapan permainan diterapkan dalam mata pelajaran PPKn sebagai wujud inovasi pembelajaran. KATA KUNCI: PENERAPAN PERMAINAN BISIK BERANTAI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI MATERI KERAGAMAN BUDAYA.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-05

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI