HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DI RUMAH DENGAN PRESTASI BELAJAR PPKn SISWA KELAS 5 SDIT AL - ISTIQOMAH PACE NGANJUK TAHUN AJARAN 2014-2015


Author (Penulis)

MOCH. RISKI FAUZI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.03.0021

Abstract

Belajar merupakan kebutuhan penting bagi seorang anak,sehingga yang memegang peran dalam belajar adalah si anak atau siswa itu sendiri. Jadi faktor intern atau dorongan dari dalam diri si anak sangat menentukan bagaimana seorang anak belajar. Jika seorang anak melakukan kegiatan belajar dengan disiplin, berarti kegiatan – kegiatan belajar yang dianjurkan oleh guru di laksanakan dengan baik, karena si anak didorong oleh motivasi belajar yang baik. Hasilnya adalah prestasi belajar anak akan baik pula. Sebaliknya anak yang memiliki kedisiplinan belajar buruk prestasi belajar mereka juga buruk. Rumusan masalah yang diteliti sebagai berikut : 1) Adakah korelasi antara kedisiplinan belajar dengan prestasi belajar bidang studi PPKn?. 2) Adakah korelasi antara motivasi belajar dengan prestasi belajar dibidang studi PPKn?. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik expost facto dengan pendekatan kuantitatif. Intrumen penelitian yang dipakai adalah angket dan dokumentasi. Analisis dengan menggunakan analisis korelasi product moment. Subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas 5 SDIT Al Istiqomah Pace Nganjuk.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-03

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI