MPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN ISU-ISU KONTROVERSIAL UNTUK MENINGKATKAN CIVIC-RESPONSIBILITY PADA SISWA KELAS X SMK PGRI-4 KEDIRI


Author (Penulis)

WAKID FIRMANSYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.03.0014

Abstract

WAKID FIRMANSYAH : Implementasi Pendekatan Saintifik Dengan Model Pembelajaran Isu-Isu Kontroversial Untuk Meningkatan Civic-Responsibility Pada Siswa Kelas X SMK PGRI – 4 Kediri. Kata kunci: pendekatan saintifik, model pembelajaran, isu-isu kontroversial, civic-responsibility. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan langkah-langkah yang tepat dalam mengimplementasikan pendekatan saintifik dengan model pembelajaran isu-isu kontrovesial untuk meningkatkan tanggungjawab kewarganegaraan (civic-responsibility) pada pembelajaran PPKn di SMK PGRI – 4 Kediri. Target yang ingin dicapai adalah; pertama, menemukan langkah-langkah guru yang sesuai dengan tuntutan pendekatan saintifik dengan model pembelajaran isu-isu kontroversial. Kedua, membuktikan apakah penerapan pendekatan saintifik dengan model pembelajaran isu-isu kontroversial terbukti dapat meningkatkan civic-responsibility siswa. Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan melibatkan 3 orang kolaborator, yaitu 1 dosen pembimbing (sebagai kolaborator ahli), 1 guru PPKn di SMK PGRI – 4 Kediri dan 1 sejawat mahasiswa. Penelitian ini akan dilaksanakan di SMK PGRI – 4 Kediriyang akan dipilih dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang akan dikembangkan dan digunakan adalah:(1) lembar penilaian kelayakan perangkat pembelajaran (penilaian RPP), (2) lembar observasi guru, (3) lembar obsevasi siswa, dan (4) skala sikap untuk siswa. Berdasarkan hasil analisis data maka dapat disimpulkan implementasi pendekatan saintifik terhadap isu-isu kontroversial dalam meningkatkan civic-responsibility siswa pada pembelajaran PPKn dapat ditemukan langkah-langkah menggunakan penelitian tindakan kelas siklus I dan siklus II. Melalui lembar observasi siswa dengan langkah-langkah pendekatan saintifik pada kurikulum 2013 mampu meningkatkan aktifitas belajar siswa pada siklus I dengan prosentase 65,5% sedangkan prosentase siklus II 87%, dapat diketahui peningkatan keaktifan siswa mengalami peningkatan sebesar 21.3%. Pendekatan saintifik terhadap isu-isu kontroversial meningkatkan civic-responsibility siswa melalui angket skala sikap yang didalamnya berisikan 20 pernyataan dengan jumlah siswa 35 mendapat jumlah perolehan 2231dengan rata-rata 63,7 dari capaian maksimal 61-80 yang didapat melalui jumlah pernyataan dikalikan 4 pilihan jawaban pada angket responsibility siswa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-11

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI