PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE TERHADAP KESADARAN BERBANGSA DAN BERNEGARA PADA SISWA KELAS X SMAN 1 MOJO TAHUN AJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
DEWI RETNO FITRIA CAHYANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.03.0003
Abstract
Telah dikemukakan pada kajian teori, bahwa model pembejaran Think Pair Share dalam PBM secara teoritis terbukti berpengaruh signifikan terhadap hasil pemahaman materi pada siswa. Masalah yang diteliti dirumuskan sebagai berikut: (1) Bagaimana kemampuan memahami kesadaran berbangsa dan bernegara siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional? (2) Bagaimana kemampuan memahami kesadaran berbangsa dan bernegara siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share? (3) Adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap kemampuan memahami kesadaran berbangsa dan bernegara? Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Untuk mengetahui kemampuan memahami kesadaran berbangsa dan bernegara siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. (2) Untuk Mengetahui kemampuan memahami kesadaran berbangsa dan bernegara siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share.(3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap kemampuan memahami kesadaran berbangsa dan bernegara. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Mojo Tahun Ajaran 2015/2016, Jalan Tambangan No. 16 Mlati – Mojo – Kediri dengan sasaran penelitian siswa kelas X, sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelas X-1 dan X-2. Teknik penelitiannya adalah eksperimen, dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Instrumen yang dipakai adalah RPP, sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis uji-t (t-test). Simpulan hasil penelitian ini adalah: (1) Kemampuan memahami kesadaran berbangsa dan bernegara siswa yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional kurang memuaskan/ rendah dengan nilai rata-rata 65,85. (2) Kemampuan memahami kesadaran berbangsa dan bernegara siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share sangat memuaskan/ tinggi dengan nilai rata-rata 83,46. (3) Ada pengaruh yang sangat signifikan pada model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap kemampuan memahami kesadaran berbangsa dan bernegara.